Lorenzo Akrab dengan Cedera Sejak Jadi Rookie MotoGP

CNN Indonesia | Kamis, 14/11/2019 22:38 WIB
Lorenzo Akrab dengan Cedera Sejak Jadi Rookie MotoGP Jorge Lorenzo akrab dengan cedera di MotoGP. (AP Photo/FL Wong)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap Repsol Honda Jorge Lorenzo akrab dengan cedera sejak pertama kali tampil di ajang MotoGP sekitar satu dekade silam.

Lorenzo pertama kali turun balapan di MotoGP tahun 2008 . Status sebagai pebalap rookie tidak menghalangi X-Fuera untuk mengukir prestasi.

Performa apik sebagai pendatang baru membuat banyak pihak memperkirakan musim debut Lorenzo akan berakhir setelah terjatuh di MotoGP China. Ia mengalami kecelakaan dan mengalami masalah di bagian engkel.


Cedera itu bukan yang pertama dialami pebalap asal Spanyol di musim tersebut. Lorenzo kembali mengalami cedera karena terjatuh di MotoGP Amerika Serikat. Akibatnya Lorenzo mengalami cedera engkel dan patah tulang kaki kiri di tiga bagian.

Lorenzo Akrab dengan Cedera Sejak Jadi Rookie MotoGPJorge Lorenzo dikabarkan bakal pensiun dari ajang MotoGP. (Toshifumi KITAMURA / AFP)
Cedera kembali menghampiri Lorenzo di MotoGP 2009 karena terjatuh saat kualifikasi di Sirkuit Laguna Seca. Ia mengalami cedera metatarsal kaki kanan dan patah tulang selangka.

Di musim tersebut, Lorenzo pun harus puas hanya finis kedua di klasemen pebalap. Gelar juara dunia direbut oleh pebalap asal Italia, Valentino Rossi.

Saat balapan di MotoGP 2011, Lorenzo bahkan harus kehilangan sedikit bagian dari jari manis di tangan kiri karena tergerus aspal. Kecelakaan itu dialami saat sesi pemanasan MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island.

Dua tahun berselang, Lorenzo kembali mengalami mimpi buruk saat tampil di MotoGP Belanda 2013. Ia mengalami patah tulang selangka dan sempat melewatkan satu seri balapan.

[Gambas:Video CNN]
Setelah beragam masalah itu, karier pebalap asal Palma relatif aman dari gangguan cedera di musim-musim berikutnya. Masalah cedera baru kembali menghantui Lorenzo tahun 2018 karena mengalami patah kaki.

Bahkan dalam waktu setahun terakhir Lorenzo sudah absen hingga lima seri balapan karena cedera.

Di MotoGP Jerman, Lorenzo absen karena mengalami cedera retak tulang vertebra. Posisinya kemudian digantikan oleh Stefan Bradl.

Lorenzo Akrab dengan Cedera Sejak Jadi Rookie MotoGP
Sebelumnya Lorenzo mengalami retak tulang engkel di MotoGP Aragon musim lalu dan cedera pergelangan kiri di MotoGP Thailand. Lorenzo juga mengalami cedera di tulang scaphoid yang membuatnya absen di tes pramusim MotoGP 2019 pada Januari dan Februari.

Sementara di MotoGP Qatar musim ini, Lorenzo mengalami cedera tulang rusuk. Beragam cedera tersebut membuat Lorenzo memutuskan pensiun dari MotoGP pada Kamis (14/11).

"Seperti yang Anda sudah bayangkan sebelumnya, saya di sini untuk mengumumkan bahwa hari ini telah tiba saatnya bagi saya. Ini akan menjadi balapan terakhir saya di MotoGP," kata Lorenzo dalam konferensi pers di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.

Sepanjang karier Lorenzo berhasil meraih tiga gelar juara dunia MotoGP. Ia juga pernah membalap untuk tiga pabrikan berbeda yaitu Yamaha, Ducati, dan Honda. (jal/jun)