Lorenzo Resmi Pensiun dari MotoGP

CNN Indonesia | Kamis, 14/11/2019 21:11 WIB
Lorenzo Resmi Pensiun dari MotoGP Jorge Lorenzo resmi pensiun dari ajang MotoGP. (Toshifumi KITAMURA / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jorge Lorenzo resmi pensiun dari MotoGP setelah menjalani musim terburuk lantaran diterpa serangkaian cedera.

Kepastian tersebut didapat usai konferensi pers darurat Lorenzo di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, pada pukul 15.00 waktu setempat atau pukul 21.00 WIB.

Cedera tulang punggung di MotoGP Jerman pada 7 Juli membuat performanya terus menurun. Jangankan naik podium, ia bahkan tak pernah menembus posisi 10 besar dari 18 seri.


Rumor pensiun Lorenzo sebenarnya sudah santer tersiar sejak beberapa bulan terakhir. Pebalap yang dijuluki X-Fuera itu bahkan sempat dikabarkan memutuskan pensiun pada tengah musim MotoGP 2019.

[Gambas:Video CNN]
Keputusan itu diambil Lorenzo setelah terpuruk bersama Repsol Honda. Musim ini Lorenzo hanya mampu meraih 25 poin dari 18 balapan seri MotoGP 2019 dan berada di peringkat 19 klasemen.

Catatan tersebut menjadi pencapaian terburuk Lorenzo di sepanjang karier MotoGP. Direktur Dorna Carmelo Ezpelata bahkan tak segan memberi saran agar Lorenzo pensiun.

Lorenzo Resmi Pensiun dari MotoGP
Lorenzo pun akhirnya memutuskan undur diri dari pentas MotoGP di usia 32 tahun. 

"Saya selalu berpikir ada empat hari penting dalam kehidupan seorang pebalap; balapan pertama Anda, kemenangan pertama, kejuaraan dunia pertama, dan kemudian hari Anda pensiun," kata Lorenzo saat jumpa pers.

"Seperti yang Anda sudah bayangkan sebelumnya, saya di sini untuk mengumumkan bahwa hari ini telah tiba saatnya bagi saya. Ini akan menjadi balapan terakhir saya di MotoGP," sambungnya.

Johann Zarco menjadi kandidat terkuat menggantikan tempat Lorenzo. Zarco saat ini berstatus menganggur usai dipecat KTM di seri ke-13 atau setelah MotoGP San Marino.

Sebelumnya Zarco dan KTM memutuskan kontrak lebih cepat dari durasi sebelumnya dua musim balapan. (jun/jal)