4 Fakta Menarik Usai Lorenzo Pensiun dari MotoGP

CNN Indonesia | Jumat, 15/11/2019 08:30 WIB
4 Fakta Menarik Usai Lorenzo Pensiun dari MotoGP Periode terbaik dalam karier Jorge Lorenzo adalah saat ia menunggangi Yamaha. (AFP PHOTO / JOSE JORDAN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jorge Lorenzo memutuskan pensiun dari MotoGP. Berikut sejumlah fakta menarik dalam momen tersebut.

Lorenzo pensiun dari dunia balap motor pada usia 32 tahun. Ia memutuskan menyudahi karier meski masih punya kontrak satu musim di Honda.

Di musim terakhir, Lorenzo mengalami sejumlah nasib sial. Pebalap asal Spanyol itu tak mampu beradaptasi dengan baik saat menunggangi motor RC213V milik Honda. Tak hanya itu, Lorenzo juga sempat mengalami kecelakaan parah yang membuatnya harus absen di sejumlah seri.


Lorenzo mengakhiri musim dengan catatan terburuk sepanjang kiprahnya di MotoGP, bahkan bila dibandingkan dengan musim debutnya pada 2008.

Jorge Lorenzo mengoleksi lima gelar juara dunia sepanjang kariernya.Jorge Lorenzo mengoleksi lima gelar juara dunia sepanjang kariernya. (AP Photo/FL Wong)

Berikut sejumlah fakta menarik dari keputusan Lorenzo untuk pensiun:

1. Jorge Lorenzo pensiun dengan lima titel juara dunia dengan rincian, dua titel 250cc (moto2) dan tiga gelar juara dunia MotoGP.
[Gambas:Video CNN]
2. Selain lima gelar juara dunia, Lorenzo membukukan 68 kemenangan, 69 pole position, 125 podium, dan 37 balapan saat ia menorehkan waktu tercepat.

3. Sepanjang kariernya, Lorenzo pernah menggunakan nomor 48, 1, dan 99. Nomor 99 jadi nomor yang paling sering digunakan Lorenzo.

4. Lorenzo pernah menunggangi motor tiga pabrikan di kelas MotoGP, yaitu Yamaha, Ducati, dan Honda. Namun ia hanya mampu jadi juara dunia di Yamaha.

4 Fakta Menarik Usai Lorenzo Pensiun dari MotoGP

Balapan MotoGP Valencia akan berlangsung pada Minggu (17/11). Balapan MotoGP Valencia bisa disaksikan lewat siaran langsung di Trans7 atau live streaming di CNNIndonesia.com. (ptr/ptr)