Lorenzo, Sosok 'Pengusir' Rossi dari Yamaha di MotoGP

CNN Indonesia | Jumat, 15/11/2019 10:27 WIB
Lorenzo, Sosok 'Pengusir' Rossi dari Yamaha di MotoGP Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi terlibat dalam rivalitas panas meski mereka berada di tim yang sama. ( AFP PHOTO / JAIME REINA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jorge Lorenzo melakukan debut MotoGP di Yamaha yang sudah memiliki pebalap hebat bernama Valentino Rossi. Namun Lorenzo berhasil mengusik ketenangan Rossi.

Berbekal status juara dunia 250cc, Lorenzo dianggap sebagai salah satu pebalap yang patut dinantikan kiprahnya ketika menjalani debut di MotoGP pada 2008. Terlebih ia bergabung dengan salah satu pabrikan besar, Yamaha.

Namun ada juga keraguan yang menyelip karena ia berada satu tim dengan Rossi yang saat itu merajai MotoGP. Lorenzo dikhawatirkan tidak bisa keluar dari bayang-bayang Rossi yang jadi penguasa MotoGP di dekade 2000-an.


Setelah melihat Rossi jadi juara dunia di dua musim perdana yang dijalani, Lorenzo akhirnya mampu jadi juara dunia di MotoGP 2010.

Valentino Rossi mengaku kecewa dan pergi dari Yamaha karena perlakuan tim tersebut pada Jorge Lorenzo.Valentino Rossi mengaku kecewa dan pergi dari Yamaha karena perlakuan tim tersebut pada Jorge Lorenzo. ( AFP PHOTO / JOSE JORDAN)
Pada pertengahan MotoGP 2010, Rossi memutuskan untuk hengkang ke Ducati. Beberapa tahun berselang, Rossi mengaku tak suka dengan pilihan Yamaha yang tidak membedakan perlakuan pada Rossi dan Lorenzo.

Rossi sendiri mengakui bahwa sikapnya pergi dari Yamaha menuju Ducati adalah sebuah kesalahan. Rossi secara terbuka menyatakan ia sempat kecewa dengan kebijakan Yamaha tersebut.

"Mungkin saya membuat kesalahan di 2010 saat pindah dari Yamaha karena saya ingin menjadi pebalap nomor satu sedangkan Yamaha sudah memperlakukan Lorenzo sama dengan saya sejak ia datang ke MotoGP. Saya tak suka itu dan akhirnya pergi. Itu adalah sebuah kesalahan," ucap Rossi dikutip dari Crash.
[Gambas:Video CNN]
Rossi akhirnya kembali ke Yamaha pada MotoGP 2013 setelah gagal dalam perjalanan dua musim di Ducati.

Setelah kembali ke Yamaha, posisi Lorenzo sudah makin kuat karena ia adalah juara dunia MotoGP 2012.

Lorenzo, Sosok Pengusir Rossi dari Yamaha di MotoGP
Perlakuan sama yang diberikan Yamaha terbilang adil untuk kompetisi kedua pebalap namun juga memperuncing rivalitas dalam tim.

Momen puncak rivalitas Lorenzo dan Rossi adalah MotoGP 2015 saat Lorenzo merebut titel juara dunia dengan kemenangan di MotoGP Valencia. Rossi sangat marah di musim itu karena menganggap Lorenzo mendapat bantuan dari Marquez.

Lorenzo kemudian akhirnya memutuskan pergi dari Yamaha dan bergabung ke Ducati untuk MotoGP 2017. Dua musim di Ducati, Lorenzo hengkang ke Honda pada 2019 dan hanya menghabiskan satu musim di sana sebelum memutuskan pensiun akhir tahun ini.

Balapan MotoGP Valencia yang akan jadi seri terakhir Jorge Lorenzo berlangsung pada Minggu (17/11). Balapan MotoGP Valencia bisa disaksikan lewat siaran langsung di Trans 7 dan live streaming di CNNIndonesia.com. (ptr/ptr)