Lorenzo dan Pedrosa Pergi, Rossi Seolah Abadi di MotoGP

CNN Indonesia | Jumat, 15/11/2019 14:14 WIB
Lorenzo dan Pedrosa Pergi, Rossi Seolah Abadi di MotoGP Jorge Lorenzo malah pensiun lebih dulu dibandingkan Valentino Rossi. (AFP PHOTO / JEAN-FRANCOIS MONIER)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa sempat disebut sebagai pebalap muda yang mungkin jadi pengganggu dominasi Valentino Rossi serta jadi suksesor The Doctor sebagai ikon MotoGP. Keduanya ternyata malah pensiun lebih dulu dibandingkan Rossi.

Saat Rossi mendominasi balapan MotoGP pada era 2000-an, sejumlah nama pebalap muda mulai difavoritkan sebagai calon pengganggu eksistensi Rossi.

Nama Dani Pedrosa disebut sebagai salah satu nama favorit untuk mengalahkan Rossi. Statusnya sebagai juara dunia 125 cc dan 250 cc (dua kali) dalam tiga musim beruntun membuat ia jadi pebalap muda yang layak disodorkan sebagai penantang utama Rossi.


Pedrosa naik kelas ke MotoGP pada 2006 dan sejak itu ia sering disebut sebagai pebalap potensial dan bahkan jadi salah satu ikon MotoGP berikutnya usai Rossi pensiun.

Dani Pedrosa lebih dulu pensiun pada 2018.Dani Pedrosa lebih dulu pensiun pada 2018. (AFP PHOTO / PIERRE-PHILIPPE MARCOU)
Dua tahun berselang, datang lagi satu nama pebalap muda yaitu Lorenzo. Seperti halnya Pedrosa, Lorenzo juga datang ke kelas MotoGP dengan status juara dunia 250cc. Lorenzo juga diyakini bisa jadi ikon baru sepeninggal Rossi pensiun.

Pada 2008, Rossi sudah berusia 29 tahun, lebih tua delapan tahun dari Lorenzo dan lebih tua enam tahun dari Pedrosa.

[Gambas:Video CNN]
Sepuluh tahun berselang, Pedrosa ternyata memutuskan untuk pensiun. Pedrosa pensiun di usia 33 tahun. Setahun berikutnya, giliran Lorenzo yang pensiun di usia 32 tahun.

Rossi yang satu dekade lalu sering disebut-sebut sudah memasuki fase akhir karier justru malah masih berkompetisi di MotoGP, setidaknya hingga MotoGP 2020.

Lorenzo dan Pedrosa Pergi, Rossi Seolah Abadi di MotoGP
The Doctor bahkan belum berani menyatakan sikapnya usai MotoGP 2020. Hal itu bisa diartikan penggemar MotoGP masih punya peluang untuk membalap di MotoGP 2021.

Balapan MotoGP Valencia akan berlangsung Minggu (17/11). Balapan MotoGP Valencia bisa disaksikan lewat siaran langsung di Trans7 dan live streaming di CNNIndonesia.com. (ptr/jun)