8 Momen Penting MotoGP 2019

CNN Indonesia | Sabtu, 16/11/2019 16:33 WIB
8 Momen Penting MotoGP 2019 Sejumlah momen penting terjadi di MotoGP 2019. (Mohd RASFAN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah momen penting terjadi di MotoGP 2019 mulai dari Marc Marquez yang disalip pesaing di tikungan terakhir hingga hingga Jorge Lorenzo yang memutuskan pensiun.

Seperti beberapa edisi lalu, momen penting banyak terjadi dalam satu musim pagelaran MotoGP. Pada MotoGP 2019, bintang-bintang balap motor dunia seperti Marc Marquez, Valentino Rossi, hingga rookie Fabio Quartararo mewarnai momen-momen penting tersebut.

Berikut momen-momen penting yang terjadi selama MotoGP 2019 dikutip dari berbagai sumber:


1. Marquez Disalip di Lap Terakhir

Di MotoGP 2019 Marquez tercatat tiga kali disalip di tikungan terakhir yang membuat pebalap asal Spanyol itu gagal memenangi seri balapan. Selain di MotoGP Qatar, Marquez juga sial di akhir-akhir balapan pada MotoGP Austria dan Inggris.

Persaingan Marquez dengan Andrea Dovizioso di MotoGP Qatar 2019 di Sirkuit Losail mulai terasa di lap terakhir. Di lap tersebut Dovizioso sempat menyalip Marquez. Tetapi jelang tikungan akhir Marquez bisa melewati Dovizioso.

Andrea Dovizioso dua kali salip Marc Marquez di tikungan terakhir.Andrea Dovizioso dua kali salip Marc Marquez di tikungan terakhir. (AP Photo/Kerstin Joensson)
Ketika Marquez diprediksi bisa memenangi balapan itu, Dovizioso kembali menyalip Marquez di pengujung tikungan akhir tersebut. Dovi juga sukses unggul atas Marquez di trek lurus hingga akhirnya memenangi MotoGP Qatar.

Dovizioso kembali jadi mimpi buruk bagi Marquez di MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull Ring denga kasus serupa. Celah di sisi kanan Marquez di tikungan akhir MotoGP Austria dimanfaatkan dengan baik oleh Dovizioso. Untuk kedua kalinya Marquez gagal mengalahkan Dovi di trek lurus di akhir balapan.

[Gambas:Video CNN]
Nasib nahas Marquez berlanjut di MotoGP Inggris usai seri di Austria. Kali ini giliran Alex Rins dari Suzuki yang jadi aktor kesialan bagi The Baby Alien.

Bertekad menebus kegagalan di Austria dengan juara di MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Marquez kembali harus puas menjadi runner-up. Rins dan Marquez saling salip sejak dua lap terakhir.

Saat kemenangan di MotoGP Inggris hampir jadi milik Marquez, Rins menyalip di pengujung tikungan akhir. Dengan lugas Rins juga memenangi trek lurus dan lebih dahulu mencapai garis finis lewat keunggulan 0,013 detik.

Valentino Rossi sempat ribut dengan Marc Marquez di kualifikasi MotoGP San Marino.Valentino Rossi sempat ribut dengan Marc Marquez di kualifikasi MotoGP San Marino. (Photo by Marco Bertorello / AFP)
2. Rossi Ribut dengan Marquez di MotoGP San Marino

Valentino Rossi dan Marquez berselisih di kualifikasi MotoGP San Marino di Sirkuit Misano. Marquez yang semula berada di belakang Rossi menyalip The Doctor di lap cepat di menit-menit akhir kualifikasi.

Rossi tidak terima dan kembali mendahului Marquez di tikungan 14. Tidak saja menyalip, Rossi juga mengerem dengan cukup kuat sehingga menghambat laju Marquez. Juara bertahan MotoGP itu sempat menoleh ke arah Rossi dan menunjukkan gestur protes.

3. Motor Terbelah dan Juara di MotoGP Thailand

Motor RC213V milik Marquez terbelah saat sang pebalap mengalami kecelakaan hebat di MotoGP Thailand di Sirkuit Buriram. Pemuncak klasemen MotoGP 2019 itu mengalami highside saat melewati tikungan ketujuh dan terpental.

Dalam insiden tersebut motor Marquez rusak parah. Akibat kecelakaan itu Marquez dibawa ke rumah sakit. Namun Marquez tetap bisa tampil di balapan dan menjadi pemenangan. Kemenangan di MotoGP Thailand membuat Marquez jadi juara MotoGP 2019 sekaligus meraih gelar kedelapan di grand prix.

4. Marquez Cekcok dengan Lorenzo di MotoGP Australia

Di musim ini Marquez tidak saja berselisih dengan pebalap dari tim lain, tetapi juga dengan rekan setimnya, Jorge Lorenzo. Cekcok Marquez dengan Lorenzo terjadi di latihan bebas kedua MotoGP Australia.

Insiden menegangkan itu terjadi di menit-menit akhir latihan FP2, tepatnya di tikungan 11. Marquez berupaya menyalip Lorenzo, namun kedua pebalap Repsol Honda itu malah bersenggolan.

Beruntung keduanya bisa menjaga keseimbangan dan kecelakaan urung terjadi. Usai FP2 Marquez menunjukkan gestur tidur kepada Lorenzo, sementara Lorenzo menolak disalahkan.

Maverick Vinales terjatuh saat salip Marc Marquez di MotoGP Australia.Maverick Vinales terjatuh saat salip Marc Marquez di MotoGP Australia. (AP Photo/Andy Brownbill)
5. Vinales Jatuh di Lap Terakhir MotoGP Australia

Maverick Vinales mengalami kesialan di MotoGP Australia. Saat hendak menyalip Marquez di lap terakhir, Vinales terjatuh dan gagal finis. Sebelumnya pebalap Yamaha itu sempat memimpin balapan sebelum dilewati Marquez di dua lap terakhir.

8 Momen Penting MotoGP 2019
6. Rossi Balapan Ke-400 di Grand Prix

MotoGP Australia jadi balapan ke-400 Rossi di level grand prix sejak kali pertama tampil pada di kelas 125cc pada 1996 silam. Tetapi, Rossi gagal meraih hasil maksimal setelah hanya finis di posisi kedelapan usai tertinggal 15,841 detik dari Marquez.

7. Pebalap Indonesia Meninggal di MotoGP Malaysia

Pebalap muda Indonesia, Afridza Munandar, meninggal jelang MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang. Afridza meninggal karena kecelakaan saat melakoni balapan Asia Talwent Cup di Sirkuit Sepang.

Jorge Lorenzo umumkan pensiun jelang MotoGP Valencia.Jorge Lorenzo umumkan pensiun jelang MotoGP Valencia. (JOSE JORDAN / AFP)
8. Jorge Lorenzo Umumkan Pensiun

Jelang bergulirnya MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, pebalap Honda Jorge Lorenzo mengumumkan pensiun dari dunia balap motor. (sry/bac)