LAPORAN DARI MALAYSIA

Fan Ngeri Pakai Kaus Merah Putih Tonton Malaysia vs Indonesia

CNN Indonesia | Senin, 18/11/2019 13:34 WIB
Fan Ngeri Pakai Kaus Merah Putih Tonton Malaysia vs Indonesia Ilustrasi para suporter Timnas Indonesia. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Kuala Lumpur, CNN Indonesia -- Sejumlah fan Timnas Indonesia mengaku ngeri memakai jersey Merah Putih menyaksikan laga Malaysia vs Indonesia di Stadion Bukit Jalil, dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Selasa (19/11).

Sejumlah fan takut terjadi hal buruk pada mereka jika tetap menggunakan atribut Timnas Indonesia. Mereka tidak ingin tampil mencolok sehingga berpotensi menjadi sasaran aksi balas dendam dari para pendukung Malaysia.

Sebelumnya, sempat terjadi kerusuhan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) pada laga kandang Indonesia vs Malaysia. Saat itu Merah Putih kalah 2-3.


"Persiapan away days biasa saja, jalan-jalan saja nonton bola seperti biasa, tapi sepertinya tidak pakai jersey Merah Putih. Biasanya pakai. Kalau untuk ini sepertinya enggak, jaga-jaga saja," ujar Eki Putra Wiratama kepada CNNIndonesia.com, mengacu pada kericuhan suporter yang terjadi ketika laga Indonesia vs Malaysia 5 September lalu.

Laga Indonesia vs Malaysia di GBK berakhir rusuh. (Laga Indonesia vs Malaysia di GBK berakhir rusuh. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Eki sendiri merasa sedikit terpaksa menyaksikan laga Indonesia di Kuala Lumpur lantaran mengaku sudah telanjur beli tiket.

"Sebenarnya sudah enggak peduli lagi dengan hasil menang atau kalah, yang penting bisa merasakan adrenalin saat dukung Indonesia di kandang Malaysia, sebuah gengsi tersendiri meskipun tiket juga enggak bisa di refund [diuangkan kembali], he he he," tutur pria yang bergelut sebagai vlogger tersebut kepada CNNIndonesia.com.

[Gambas:Video CNN]
Senada dengan Eki, salah satu fan Garuda, Arista Budiyono, juga akan menyaksikan laga tim kebanggaannya di markas Malaysia karena telanjur beli tiket.

Fan Ngeri Pakai Kaus Merah Putih Tonton Malaysia vs Indonesia
"Jadi begitu dapat undian Malaysia dan keluar jadwal langsung beli tiket. Dari Indonesia belum main, kami sudah beli tiket dan banyak yang melakukan seperti itu. Jadi bukan karena loyal atau apa tapi karena telanjur beli tiket," tutur Arista kepada CNNIndonesia.com

Sama seperti Eki, Arista juga mengaku waswas untuk menyaksikan laga Merah Putih di Stadion Bukit Jalil.

"Ya mungkin agak lebih deg-degan. Sebelumnya bodo amat, ini lebih agak deg-degan. Lebih bersiap, jangan sampai kenapa-kenapa. Persiapannya ya berdoa. Salah satunya juga tidak pakai baju merah," aku Arista. (nva/bac)