Rumor MotoGP: Honda Pilih Alex Marquez Gantikan Lorenzo

CNN Indonesia | Senin, 18/11/2019 15:26 WIB
Rumor MotoGP: Honda Pilih Alex Marquez Gantikan Lorenzo Marc Marquez dan Alex Marquez diklaim akan menjadi rekan setim di MotoGP 2020. (AP Photo/Alberto Saiz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Honda Racing Corporation (HRC) diklaim sudah memilih Alex Marquez sebagai pengganti Jorge Lorenzo di tim Repsol Honda mulai MotoGP 2020.

Klaim tersebut diungkapkan media Spanyol, AS. Honda diklaim AS sudah mengambil keputusan mengenai susunan pebalap tim Repsol Honda dan LCR Honda untuk MotoGP 2020.

Satu-satunya perubahan adalah Alex Marquez menggantikan Lorenzo yang memutuskan pensiun usai balapan MotoGP Valencia 2019, Minggu (17/11). Sedangkan LCR Honda tetap menggunakan Cal Crutchlow dan Takaaki Nakagami di MotoGP 2020.


"Suratkabar ini bisa memastikan Honda akan memberi posisi Lorenzo yang lowong kepada Alex Marquez. Keputusan mengenai rekan setim baru Marc Marquez sudah diambil," tulis AS.

Marc Marquez dan Alex Marquez difavoritkan satu tim di Repsol Honda.Marc Marquez dan Alex Marquez difavoritkan satu tim di Repsol Honda. (AP Photo/Alberto Saiz)
"Setelah menimbang antara Alex, Johann Zarco dan Cal Crutchlow, pebalap asal Spanyol [Alex] itu yang mendapatkannya. Dengan demikian pebalap LCR tidak berubah musim 2020, dengan Crutchlow dan Nakagami," tulis AS.

AS kemudian mengklaim Zarco akan menggantikan posisi Alex Marquez di tim Galicia Star Marc VDS pada Moto2 musim depan. Zarco sempat mendapat tawaran bergabung dengan Avintia Racing sebagai pengganti Karel Abraham di MotoGP 2020, tapi pebalap asal Perancis itu menolak.

[Gambas:Video CNN]
Rumor lain yang beredar adalah, Zarco akan menggantikan posisi Jack Miller di Pramac Ducati. Miller diplot menjadi pengganti Danilo Petrucci yang tampil mengecewakan di paruh kedua MotoGP 2019. Petrucci kemudian akan menggantikan posisi Abraham di Avintia Racing, salah satu tim yang menggunakan sepeda motor Ducati.

Perjalanan karier Zarco di MotoGP 2019 naik-turun. Sempat bergabung dengan KTM, Zarco memutuskan mundur usai balapan MotoGP San Marino karena terpuruk bersama tim asal Austria tersebut. Juara dunia Moto2 dua kali itu kemudian mendapat kesempatan menggantikan Nakagami di LCR pada tiga seri terakhir MotoGP 2019. (har/sry)