LAPORAN DARI MALAYSIA

Timnas Indonesia Rombak Pemain, Malaysia Khawatir

CNN Indonesia | Senin, 18/11/2019 17:05 WIB
Timnas Indonesia Rombak Pemain, Malaysia Khawatir Timnas Indonesia belum meraih kemenangan di empat laga sebelumnya pada kualifikasi Piala Dunia 2022. (CNN Indonesia/Nova Arifianto)
Kuala Lumpur, CNN Indonesia -- Jelang pertandingan Malaysia vs Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022, pelatih Harimau Malaya Tan Cheng Hoe menyimpan kekhawatiran terhadap kondisi Timnas Indonesia yang melakukan perombakan skuat.

Cheng Hoe menyadari perubahan skuat Timnas Indonesia. Dari 22 pemain yang dibawa memang terdapat banyak pemain yang tidak memperkuat Tim Merah Putih ketika menjamu Malaysia pada 5 September 2019.

"Dalam pertandingan terakhir di tahun 2019 kami ingin meraih hasil positif melawan Indonesia. Tetapi besok adalah pertandingan yang berbeda karena ada pemain-pemain baru [di Timnas Indonesia], pelatih baru. Mereka juga sangat serius. Saya harap pemain-pemain saya bisa fokus melawan Indonesia," ujar Cheng Hoe.


Dibanding pertemuan pertama antara kedua kesebelasan di fase Grup Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Indonesia membawa pemain-pemain yang cukup berbeda, seperti TM Ichsan dan Ardi Idrus. Selain itu terdapat nama-nama yang sudah lama absen mengenakan jersey Merah Putih, seperti Dedy Gusmawan dan Hendro Siswanto.
Timnas Indonesia melakukan perombakan skuat jelang laga lawan Malaysia.Timnas Indonesia melakukan perombakan skuat jelang laga lawan Malaysia. (CNN Indonesia/Nova Arifianto)

Febri Hariyadi, Gavin Kwan Adsit, Rizky Pora, Lerby Eliandry dan Dendi Santoso juga tidak dipanggil ketika Timnas Indonesia menjamu Malaysia dua bulan lalu.

Cheng Hoe mengaku menyadari ada masalah di Timnas Indonesia yang belum pernah menang dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022, namun tidak lantas menganggap itu sebagai kelemahan tim tamu di Malaysia.
[Gambas:Video CNN]
"Kita seperti melihat ada masalah di pasukan Indonesia, namun masalah Indonesia sudah selesai, karena itu mereka datang. Saya rasa Indonesia juga menerapkan hal baru. Tidak ada keuntungan jika kita bermain tanpa motivasi tinggi dan tidak fokus pada pertandingan," kata Cheng Hoe.

"Pihak lawan juga datang dengan yang terbaik, semua juru latih ingin dapat kemenangan tetapi saya harap pemain paham situasi tersebut," tambahnya.

Timnas Indonesia Rombak Pemain, Malaysia Khawatir
Pelatih yang pernah menangani klub Kedah itu juga berupaya mencegah percaya diri berlebihan di kubu Malaysia, terutama selepas mengalahkan Thailand pekan lalu.

Timnas Malaysia bukan tanpa masalah. Dua pemain inti, Syafiq Ahmad dan Matthew Davies, dipastikan tidak bisa tampil lantaran akumulasi kartu kuning. Cheng Hoe mengakui kedua pemain tersebut merupakan pilar di dalam skuat sejak laga pertama di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (nva/ptr)