MotoGP: Delapan Fakta Alex Marquez Usai Gabung Honda

CNN Indonesia | Selasa, 19/11/2019 06:06 WIB
MotoGP: Delapan Fakta Alex Marquez Usai Gabung Honda Alex Marquez memperkuat Repsol Honda di MotoGP 2020. (VLADIMIR SIMICEK / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Juara dunia Moto2 2019 Alex Marquez resmi memperkuat Repsol Honda di MotoGP 2020. Pebalap yang membela Marc VDS di Moto2 itu akan berada satu tim dengan sang kakak, Marc Marquez.

Alex direkrut Honda untuk mengisi posisi yang lowong setelah Jorge Lorenzo memutuskan pensiun dari dunia balap motor pada akhir musim ini. Pebalap berusia 23 itu dikontrak selama satu tahun oleh Honda.


"Honda Racing Corporation dengan gembira mengumumkan perekrutan juara dunia dua kali Alex Marquez. Pebalap muda Spanyol akan bergabung di Repsol Honda dengan satu tahun kontrak," tulis pernyataan resmi HRC seperti dilansir
Crash.


Kepastian bergabungnya Alex membuat persaingan di MotoGP 2020 diperkirakan bakal sengit. Marquez bersaudara akan bersaing ketat dengan Maverick Vinales maupun rookie terbaik di MotoGP 2019, Fabio Quartararo. 

MotoGP: Delapan Fakta Alex Marquez Usai Gabung HondaAlex Marquez akan berada dalam satu tim bersama sang kakak Marc Marquez. (JOSE JORDAN / AFP)
Berikut fakta menarik Alex Marquez setelah resmi bergabung dengan Honda dilansir situs resmi MotoGP:

1. Alex Marquez jadi pebalap pertama yang jadi juara Moto2 setelah sebelumnya meraih gelar juara dunia Moto3.

2. Alex Marquez adalah pebalap Spanyol kelima yang meraih gelar juara dunia Moto2 setelah Toni Elias, Marc Marquez, Pol Espargaro, dan Tito Rabat.

[Gambas:Video CNN]
3. Alex Marquez adalah pebalap kedelapan Spanyol yang jadi juara dunia di kelas menengah. Gelar Marquez di MotoGP jadi yang ke-11 di kelas tersebut untuk pebalap Spanyol.

4. Alex Marquez sudah 10 kali berdiri di podium musim ini dan 23 kali selama tampil di Moto2. Pebalap berusia 23 itu sejajar dengan Pol Espargaro yang berada di tempat kelima dalam daftar pebalap dengan podium terbanyak di Moto2, terpaut dua podium dari Marc Marquez.

MotoGP: Delapan Fakta Alex Marquez Usai Gabung Honda
5. Alex Marquez total 38 kali naik podium. Rinciannya 15 kali di Moto3 dan 23 kali di Moto2.

6. Alex Marquez tercatat 12 kali memenangi balapan selama balapan di kelas Moto3 dan Moto2.

7. Alex Marquez 15 kali meraih pole position. Ia tiga kali memulai balapan dari posisi terdepan di Moto3 dan 12 kali di Moto2.

8. Alex Marquez sudah delapan musim tampil di dunia balap profesional. Tiga tahun di Moto3 dan lima tahun di Moto2. (jal/jal)