Juara Moto2 Kunci Alex Marquez Naik Kelas ke MotoGP

CNN Indonesia | Selasa, 19/11/2019 03:10 WIB
Juara Moto2 Kunci Alex Marquez Naik Kelas ke MotoGP Alex Marquez dikontrak selama satu tahun oleh Honda. (AFP PHOTO / Josep LAGO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manajer Repsol Honda, Alberto Puig, menyatakan keberhasilan Alex Marquez juara dunia Moto2 2019 jadi alasan utama pabrikan asal Jepang tersebut merekrutnya untuk tampil di MotoGP 2020.

Alex merengkuh gelar tersebut di MotoGP Malaysia, 3 November lalu. Pebalap Marc VDS memenangi persaingan melawan pebalap Red Bull KTM, Brad Binder.

Dua pekan berselang, Alex resmi jadi pebalap Honda di MotoGP 2020 menggantikan Jorge Lorenzo yang pensiun pada akhir musim ini. Alex akan berada dalam satu tim dengan sang kakak, Marc Marquez, musim depan.


Juara Moto2 Kunci Alex Marquez Naik Kelas ke MotoGPAlex Marquez akan bersaing dengan Marc Marquez di Honda pada MotoGP 2020. (Mohd RASFAN / AFP)
"Ini merupakan keadaan yang benar-benar tidak biasa [kakak adik jadi rekan setim]. Saya pikir kita belum pernah melihat ini sebelumnya. Ini situasi yang cukup aneh," ujar Puig dilansir Autosport.

[Gambas:Video CNN]
"Yang jelas jika Alex tidak meraih gelar juara dunia Moto2 maka kami tidak akan pernah menawarkan kepada dia kesempatan ini. Namun dia berhasil melakukannya, begitu juga sang kakak," ia menambahkan.

Puig juga mengungkapkan alasan Honda lebih memilih untuk merekrut pebalap pendatang baru di MotoGP ketimbang sosok yang berpengalaman.

Juara Moto2 Kunci Alex Marquez Naik Kelas ke MotoGP
Sebelum resmi mengumumkan perekrutan Alex, Honda sempat dikaitkan dengan Johann Zarco dan Cal Crutchlow. Namun, pada akhirnya tim yang memborong tiga gelar di MotoGP 2019 menjatuhkan pilihan pada Marquez.

Pebalap asal Spanyol itu dikontrak selama satu tahun atau sepanjang musim MotoGP 2020.

"Seperti yang saya katakan sebelumnya, dia adalah juara dunia Moto2 dan kami pikir ini kesempatan yang baik buat kami dan dia," tutur Puig. (jal/jal)