Dua Marquez di Honda Cetak Sejarah MotoGP

CNN Indonesia | Selasa, 19/11/2019 11:00 WIB
Dua Marquez di Honda Cetak Sejarah MotoGP Marc Marquez dan Alex Marquez sebagau dua saudara yang kali pertama satu tim di MotoGP. (JOSE JORDAN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepastian dua bersaudara, Marc Marquez dan Alex Marquez satu tim di Honda sekaligus mencetak sejarah baru di MotoGP.

Untuk kali pertama dalam sejarah MotoGP, dua bersaudara gabung dalam satu tim pada MotoGP 2020.

Marc dan Alex Marquez juga dua kali mencetak sejarah sebagai dua saudara kandung yang berhasil meraih juara dunia di tahun yang sama. 


Marc lebih dahulu memastikan gelar juara MotoGP 2019 usai menang di MotoGP Thailand pada awal Oktober. Berikutnya sang adik yang berhasil meraih juara Moto2 2019.

Marc Marquez dan Alex Marquez kini satu tim di Honda. (Marc Marquez dan Alex Marquez kini satu tim di Honda. (AFP PHOTO/QUIQUE GARCIA)
Pada 2014, mereka juga tercatat sebagai kakak-adik yang kali pertama meraih juara dunia balapan di tahun yang sama. Marquez juara MotoGP 2014, sedangkan Alex meraih titel Moto3 2014.

Sebelumnya, Pol dan Aleix Espargaro pernah mencetak sejarah sebagai kakak adik yang sama-sama tampil di MotoGP. Namun, kedua pebalap itu membalap di tim yang berbeda.

[Gambas:Video CNN]
Sang kakak, Aleix Espargaro, memulai karier lebih dahulu di MotoGP yakni pada 2009 bergabung dengan Ducati.

Sementara sang adik, Pol Espargaro, baru memulai karier di MotoGP bersama Yamaha Tech3 pada 2014. Saat itu sang kakak sudah pindah di tim Forward Yamaha.

Dua Marquez di Honda Cetak Sejarah MotoGP
Marc dan Alex Marquez juga berpeluang mencetak rekor lain yaitu sama-sama meraih podium di tim yang sama.

Rekor dia bersaudara meraih podium yang sama di Grand Prix pernah diciptakan Juan dan Eduardo Salatino pada kelas 500 CC 1962. Kakak adik asal Argentina itu naik podium di tim berbeda. (bac/jun)