5 Catatan Penting Jelang Malaysia vs Indonesia

CNN Indonesia | Selasa, 19/11/2019 12:24 WIB
5 Catatan Penting Jelang Malaysia vs Indonesia Timnas Malaysia meraih kemenangan 3-2 atas Indonesia di Jakarta. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak lima catatan penting tersaji menjelang laga Malaysia vs Indonesia pada lanjutan laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Nasional, Bukit Jalil, Selasa (19/11).

Malaysia lebih diunggulkan pada laga kali ini ini. Selain bertindak sebagai tuan rumah, Harimau Malaya pernah mengalahkan Indonesia di Jakarta dengan skor 3-2.

Selain itu Malaysia punya modal kemenangan fantastis atas Thailand. Malaysia berhasil mengalahkan Thailand 2-1 di Bukit Jalil pekan lalu.


Malaysia juga punya semangat berlipat untuk memenangkan pertandingan karena masih berpeluang lolos ke babak selanjutnya. Saat ini skuat arahan Tan Cheng Hoe berada di peringkat keempat dengan raihan enam poin, sama dengan perolehan angka Uni Emirat Arab yang berada di posisi ketiga.

[Gambas:Video CNN]
Puncak klasemen dikuasai Vietnam dengan mengemas 10 poin, sementara Thailand menguntit di urutan kedua dengan tujuh poin. Adapun Indonesia harus puas menjadi juru kunci tanpa perolehan poin dari empat laga.

Berikut 5 fakta catatan penting jelang Malaysia vs Indonesia:

1. Debut Pemain

Laga Malaysia vs Indonesia bisa menjadi debut bagi Ardi Idrus (Persib Bandung) dan TM Ichsan (Bhayangkara FC). Kedua pemain ini tampil gemilang di klub masing-masing dan berpeluang tampil untuk kali pertama dengan jersey Merah Putih.

2. Rekor Jumlah Penonton

Duel di Stadion Nasional, Bukit Jalil, berpotensi memecahkan rekor penonton di Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2022. Saat ini FAM merilis tiket sudah nyaris terjual lebih dari 74.038 tiket. Sebelumnya duel Indonesia vs Malaysia hanya dihadiri 54.659 penonton.

5 Catatan Penting Jelang Malaysia vs Indonesia
3. Indonesia Tanpa Pelatih Kepala

Untuk kali pertama Timnas Indonesia bakal menjalani pertandingan tanpa pelatih kepala setelah Simon McMenemy dipecat jelang pertandingan. Saat ini tugas McMenemy digantikan asistennya, Yeyen Tumena.

4. Rekor 14 Tahun Tak Pernah Menang

Timnas Indonesia belum pernah menang lawan Malaysia di Kuala Lumpur selama 14 tahun terakhir. Terakhir Indonesia menang di Kuala Lumpur pada leg kedua semifinal Piala Tiger 2004, 3 Januari 2005.

5. Dibayangi Kerusuhan Suporter

Duel Malaysia vs Indonesia kali ini dibayangi potensi kerusuhan suporter. Sebab, fan Malaysia lebih dulu mendapat intimidasi ketika mendukung timnas Malaysia di Jakarta pada 5 September 2019. Aksi balas dendam diprediksi bisa terjadi di tribune stadion. (jun/har)