LAPORAN DARI MALAYSIA

Jelang Malaysia vs Indonesia, Suasana Bukit Jalil Bersahabat

CNN Indonesia | Selasa, 19/11/2019 13:00 WIB
Jelang Malaysia vs Indonesia, Suasana Bukit Jalil Bersahabat Pesan damai di Stadion Bukit Jalil jelang Malaysia vs Indonesia. (CNN Indonesia/ Nova Arifianto)
Kuala Lumpur, CNN Indonesia -- Suasana bersahabat terlihat di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, jelang Malaysia vs Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Selasa (19/11) siang.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, poster dengan pesan-pesan perdamaian dan penjualan kostum Indonesia terlihat di sekitar Stadion Bukit Jalil.

Poster bertuliskan "Serumpun Sahabat Selamanya", "Nusantara Damai", dan "Selamat Datang Team Garuda" terpampang jelas di sekitar pintu masuk stadion terbesar di Malaysia tersebut.


Selain pesan-pesan damai untuk mengademkan suasana, beberapa suporter tuan rumah dan tamu juga terlihat saling sapa. Pendukung tim Merah Putih yang sudah datang sejak siang pun mengaku merasa nyaman berada di kandang lawan.

Salah satu penjual di Stadion Bukit Jalil.Salah satu suporter Indonesia di Stadion Bukit Jalil. (CNN Indonesia/ Nova Arifianto)
"Enggak takut kok datang ke sini, pakai ini [atribut Timnas Indonesia] juga enggak apa-apa. Tadi ketemu suporter Malaysia juga enggak masalah. Sempat foto-foto bareng malah tadi," ujar Windy, suporter Timnas Indonesia yang baru bekerja satu tahun di Kuala Lumpur.

Jika Windy dan rekannya sudah mengenakan jersey dan syal sejak berangkat ke stadion, suporter Indonesia lain asal Batam justru baru berganti baju di Stadion Bukit Jalil.

Faiz dan Mizan langsung menuju penjual baju replika Timnas Indonesia di kawasan stadion. Tak lama tawar menawar, keduanya langsung sepakat dengan penjual untuk mendapatkan kaus merah dengan garis hijau di pundak seharga 40 ringgit plus bonus ikat kepala.

Penjualan kostum di Stadion Bukit Jalil jelang Malaysia vs Indonesia.Penjualan kostum di Stadion Bukit Jalil jelang Malaysia vs Indonesia. (CNN Indonesia/ Nova Arifianto)
"Ya yang kurang cuma baju saja, makanya langsung beli. Kalau tiket sudah beli sejak tiga hari lalu lewat teman yang tinggal di sini [Kuala Lumpur]," terang Faiz yang kemudian mengenakan topi dengan corak bendera Malaysia.

Si penjual jersey yang asli Malaysia asal Penang pun senang mendapat ringgit pertama.

"Ya tidak rugi jalan dari Penang jam 6, terbukti langsung laris kan? Saya tahu Indonesia pendukungnya banyak, makanya saya jualan jersey Indonesia," kata Zeid yang sehari-hari bekerja di pabrik besi.

[Gambas:Video CNN]
Tidak hanya Zeid yang menjajakan atribut Merah Putih khas Timnas Indonesia, terdapat beberapa pedagang lain dengan dagangan serupa terlihat di dalam kompleks olahraga Stadion Bukit Jalil.

Suporter Timnas Indonesia hanya diperbolehkan masuk dari pintu E stadion sejak pukul 15.00 hingga 16.00 waktu setempat. Sekitar pukul 12.30 waktu setempat, terlihat sudah ada suporter Indonesia yang duduk-duduk di sekitar pintu E.

Pada Selasa siang sudah terlihat penutupan jalan di sekitar stadion. Pihak keamanan SNBJ dan polisi juga kelihatan sibuk lalu lalang untuk mengantisipasi segelintir suporter yang sudah masuk area halaman stadion. Diperkirakan ada 1.700 anggota Polis Diraja Malaysia yang akan mengamankan pertandingan Malaysia vs Indonesia.

Suasana damai yang diciptakan di sekitar Stadion Bukit Jalil untuk mengantisipasi kerusuhan suporter seperti yang terjadi pada pertemuan pertama di Jakarta, 5 September 2019. (nva/har)