Fakta Messi Lebih Jago Ketimbang Ronaldo di Timnas

CNN Indonesia | Rabu, 20/11/2019 02:28 WIB
Fakta Messi Lebih Jago Ketimbang Ronaldo di Timnas Lionel Messi lebih banyak cetak gol ke gawang tim top ketimbang Cristiano Ronaldo. (AFP PHOTO / PAUL ELLIS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah fakta menilai bintang Barcelona Lionel Messi lebih hebat ketimbang penyerang Cristiano Ronaldo di level tim nasional usai membobol gawang Uruguay dalam pertandingan persahabatan, Selasa (19/11) dini hari WIB.

Gol ke gawang Uruguay itu membuat Messi menambah torehannya saat berjumpa tim-tim besar di level timnas. Dikutip dari Mundo Deportivo, Messi total sudah mencetak 57 gol melawan 50 tim teratas di peringkat FIFA.

Sementara itu, Cristiano Ronaldo memiliki catatan gol di timnas jauh di bawah Messi. Rekor gol Ronaldo dan Messi menghadapi tim-tim besar hampir berselisih separuh dengan hanya mengemas 28 gol melawan 50 tim teratas.


Meski demikian total gol Ronaldo di timnas Portugal lebih banyak ketimbang Messi di Argentina. Bersama A Selecao das Quinas, Ronaldo mencetak 99 gol, sedangkan Messi di Tim Tango hanya 70 gol.

Tetapi, dari 99 gol itu Ronaldo yang memiliki julukan CR7 cuma mencetak 28 gol atau 29 persen melawan 50 tim teratas di peringkat FIFA.

Sebelum bobol gawang Uruguay, Lionel Messi lebih dahulu bobol gawang Brasil.Sebelum bobol gawang Uruguay, Lionel Messi lebih dahulu bobol gawang Brasil. (AP Photo/Ariel Schalit)
Sementara itu, persentase gol Messi menghadapi 50 tim teratas FIFA mencapai 82 persen atau 57 gol dari total 70 gol di Argentina.

[Gambas:Video CNN]
Dari 57 gol lawan tim-tim besar itu, Messi masing-masing sudah lima kali membobol Brasil, Paraguay, dan Uruguay, ketiganya berada di posisi ketiga, kelima, serta ke-41 peringkat FIFA.

Tim-tim lain yang sering dibobol striker 32 tahun itu Venezuela dan Ekuador dengan masing-masing empat gol.

Fakta Messi Lebih Jago Ketimbang Ronaldo di Timnas
Level tim yang banyak dibobol Messi berbeda dengan Ronaldo. Penyerang Juventus itu tujuh kali mencetak gol ke gawang Lithuania yang berada di posisi ke-132.

Ronaldo juga sudah lima kali membobol gawang Andorra, Armenia, Latvia, Luksemburg, dan Swedia. Dari kelima tim itu, hanya Swedia yang ada di 50 besar (18).

Coral mencatat, persentase gol Ronaldo ke-10 tim teratas di peringkat FIFA hanya 8,08 persen, sedangkan Messi 26,09 persen. (sry/ptr)