Indonesia Kalah 0-2 dari Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia

CNN Indonesia | Selasa, 19/11/2019 21:40 WIB
Indonesia Kalah 0-2 dari Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia Indonesia kalah dari Malaysia dalam laga kualifikasi Piala Dunia. (AP Photo/Vincent Thian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia kalah 0-2 dari Malaysia dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Bukit Jalil, Selasa (19/10).

Indonesia bermain bagus saat menghadapi Malaysia di babak pertama. Kombinasi Febri Hariyadi dan Greg Nwokolo di lini depan membuat lini belakang Malaysia cukup kerepotan.

Febri sempat punya peluang membawa Indonesia unggul lebih dulu di menit ke-20 namun tendangannya berhasil diblok oleh kiper lawan.


Malaysia akhirnya mampu mencuri gol di menit ke-30 lewat Safawi Rasid. Rasid berhasil melepaskan tendangan bebas akurat yang membuat bola bersarang di pojok kiri gawang tanpa bisa dihalau oleh Muhammad Ridho.
Safawi Rasid jadi bintang kemenangan Malaysia dalam laga lawan Indonesia.Safawi Rasid jadi bintang kemenangan Malaysia dalam laga lawan Indonesia. (AP Photo/Vincent Thian)

Upaya Indonesia untuk membalas tak juga membuahkan hasil. Kemelut yang sempat terjadi di menit ke-36 juga tak mampu menggetarkan gawang Malaysia.

Tertinggal satu gol di babak pertama, Indonesia terus coba menekan Malaysia. Yeyen Tumena memilih memasukkan Osas Saha untuk menggantikan Greg Nwokolo di menit ke-58. Dendi Santoso juga menyusul masuk menggantikan Septian David Maulana di menit ke-67.

Upaya Indonesia untuk membongkar pertahanan Malaysia tidak berjalan mulus. Skuat Garuda tidak banyak menghadirkan ancaman berbahaya ke gawang Malaysia.

Suasana dalam stadion Bukit Jalil.Suasana dalam stadion Bukit Jalil.  (AP Photo/Vincent Thian)
Sementara itu tuan rumah juga memilih mengamankan keunggulan lewat penguasaan bola dan penurunan tempo permainan. Di tengah tempo pertandingan yang menurun, Malaysia sukses mencetak gol kedua. Rasid kembali mencatatkan namanya di papan skor.

[Gambas:Video CNN]
Gol kedua Malaysia berawal dari kesalahan Yanto Basna yang berniat menjaga bola hingga keluar lapangan. Dalam momen tersebut, Rasid mampu merebut bola. Rasid melepaskan tendangan kaki kiri dari sudut sempit yang tak mampu dibendung oleh Ridho.

Indonesia Kalah 0-2 dari Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia
Indonesia punya peluang emas untuk mencetak gol di menit ke-83 saat mendapat penalti usai Febri dijatuhkan di kotak terlarang. Namun tendangan Osas Saha yang jadi eksekutor bisa diamankan dengan baik oleh kiper Malaysia, Mohammad Farizal Marlias.

Skor 2-0 untuk Malaysia bertahan hingga akhir pertandingan.

Susunan pemain

Timnas Malaysia: Khairulazhan Bin Mohd Khalid (Mohammad Farizal Marlias); M Aidil Zafuan, Corbin Ong Lawrence, Shahrul Mohd Saad; Muhamad Nor Azam, Mohamed Syamer Kutty, Muhammad Syahmi Safari, Brendan Gan, Muhammad Akhyar Rashid; Muhammad Safawi Rasid, Mohamadou Sumareh,

Timnas Indonesia: Muhammad Ridho; Gavin Kwan Adsit, Otavio Dutra, Rudolof Yanto Basna, Ricky Fajrin; Hendro Siswanto, Bayu Pradana; Teuku Muhammad Ichsan, Septian David Maulana (Dendi Santoso 67), Febri Hariyadi; Greg Nwokolo (Osas Saha 58). (ptr/ptr)