LAPORAN DARI MALAYSIA

Suporter Indonesia Sempat Tertahan di Stadion Bukit Jalil

CNN Indonesia | Rabu, 20/11/2019 01:36 WIB
Suporter Indonesia Sempat Tertahan di Stadion Bukit Jalil Suporter Timnas Indonesia saat mendukung di Stadion Bukit Jalil, Malaysia. (AP Photo/Vincent Thian)
Kuala Lumpur, CNN Indonesia -- Setelah menyaksikan laga Malaysia vs Indonesia, suporter Tim Merah Putih sempat tertahan di Stadion Nasional Bukit Jalil (SNBJ), Kuala Lumpur, Malaysia sekitar satu jam 15 menit usai Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Polis Diraja Malaysia (PDRM) tidak memperbolehkan suporter Timnas Indonesia ke luar pintu E, satu-satunya akses bagi suporter tamu untuk ke luar dan masuk stadion, sesaat setelah laga berakhir pukul 22.45 waktu setempat.

Personel PDRM yang tidak mau disebutkan namanya menyatakan situasi di sekitar SNBJ kurang kondusif dan dikhawatirkan terjadi kericuhan antarsuporter sehingga melarang suporter Indonesia untuk meninggalkan stadion.


Perlakuan tersebut memang sesuai dengan poin yang dihasilkan setelah pertemuan PDRM dengan perwakilan Aliansi Suporter Indonesia, yang menyebut suporter Indonesia tidak diperkenankan langsung ke luar stadion dan menunggu suporter tuan rumah habis.

Suporter Timnas Indonesia Sempat Tertahan Usai Lawan MalaysiaTimnas Indonesia menelan kekalahan 0-2 dari Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (KAMARUL AKHIR / AFP)
Sekitar pukul 24.00, kendati masih ada suporter Malaysia yang berada di halaman SNBJ, pihak keamanan mulai membuka pintu E dan mempersilakan suporter Indonesia pulang.

Untuk menyisir suporter Malaysia dari kawasan SNBJ, PDRM menggunakan mobil dinas kepolisian dan helikopter.

[Gambas:Video CNN]
Menurut personel PDRM, penahanan suporter baru kali ini terjadi dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022 dan tidak terjadi ketika Malaysia menjamu Uni Emirat Arab dan Thailand.

Suporter Timnas Indonesia Sempat Tertahan Usai Lawan Malaysia
Suasana antarsuporter memanas sejak di tribune. Suporter Malaysia dan Indonesia terlibat lempar-lemparan barang sejak kedua kesebelasan berlatih di lapangan. Ketika itu terlihat benda menyerupai botol melayang ke arah suporter Indonesia dan Malaysia.

Kejadian saling lempar kembali terjadi usai gol pertama dan gol kedua Malaysia serta selepas Osas Marvelous gagal mencetak gol dari titik penalti. Selain benda menyerupai botol, terdapat pula bangku tribune, bom asap, dan cerawat.

Di laga ini, Timnas Indonesia kalah 0-2 dari Malaysia dan makin terpuruk di posisi juru kunci Grup G. Dua gol kemenangan Harimau Malaya dijaringkan Safawi Rasid pada menit ke-30 dan 73'. (nva/jal)