LAPORAN DARI MALAYSIA

Cheng Hoe Sebut Malaysia Kesulitan Tekuk Indonesia

CNN Indonesia | Rabu, 20/11/2019 04:04 WIB
Cheng Hoe Sebut Malaysia Kesulitan Tekuk Indonesia Tan Cheng Hoe mengaku Malaysia kesulitan mengalahkan Indonesia. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Kuala Lumpur, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe tak memungkiri laga melawan Timnas Indonesia sulit karena lawan memiliki waktu istirahat dan persiapan lebih lama jelang laga di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Skor 2-0 yang dibukukan Malaysia disebut Cheng Hoe tidak datang dengan mudah karena Febri Hariyadi dan kawan-kawan bermain cukup baik.

"Kami menampilkan performa yang luar biasa dari para pemain, khususnya dalam laga sulit melawan Indonesia karena mereka datang dengan kekuatan baru. Persiapan Indonesia juga lebih baik kali ini karena mereka punya waktu istirahat satu pertandingan," jelas Cheng Hoe.


Safawi Rasid mencetak dua gol kemenangan Malaysia atas Indonesia. (AP Photo/Vincent Thian)
Timnas Indonesia tidak melakoni pertandingan ketika kesebelasan dari negara-negara lain berlaga pada 14 November lalu. Saat Malaysia berjumpa dengan Thailand, tim Merah Putih menjalankan program persiapan menghadapi Harimau Malaya.

Masa rehat yang lebih singkat ketimbang Timnas Indonesia diakui Cheng Hoe turut memengaruhi performa Mohamadou Sumareh dan kawan-kawan.

[Gambas:Video CNN]
"Kami tidak memulai laga dengan energi yang sama seperti saat melawan Thailand. Terkadang pemikiran pemain sangat penting. Kami bermain dengan tempo lambat. Babak kedua kami mencoba kembali ke permainan yang baik," ujar juru latih yang pernah menangani tim Malaysia junior.

Kemenangan atas Timnas Indonesia membuat Malaysia kini menduduki peringkat kedua di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Dari lima laga, Negeri Jiran memiliki sembilan poin dan tertinggal dua poin dari Vietnam yang berada di puncak klasemen.

Malaysia kini unggul satu poin atas Thailand dan tiga poin dari Uni Emirat Arab. Sementara Indonesia yang kalah lima kali menjadi satu-satunya kontestan di Grup G yang sudah dipastikan gagal melaju ke fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022. (nva/jal)