LAPORAN DARI MALAYSIA

Pelatih Soal Penalti Gagal Indonesia: Messi Juga Pernah

CNN Indonesia | Rabu, 20/11/2019 08:17 WIB
Pelatih Soal Penalti Gagal Indonesia: Messi Juga Pernah Timnas Indonesia gagal mencetak gol melalui tendangan penalti Osas Marvelous Saha. (STR / AFP)
Kuala Lumpur, CNN Indonesia -- Pelatih sementara Timnas Indonesia, Yeyen Tumena, menganggap kegagalan Osas Saha membobol gawang Malaysia dari sepakan 12 pas adalah hal yang lumrah pada pemain sepak bola dan bisa terjadi pada pemain kaliber dunia macam Diego Maradona atau Lionel Messi.

Dalam laga Malaysia vs Indonesia, Skuat Garuda sempat mendapat peluang emas pada menit ke-81 setelah aksi Febri Hariyadi diganjal kiper Farizal Marlias di kotak 16. Harapan untuk memperkecil ketertinggalan sirna lantaran eksekusi Osas dapat ditangkap dengan mudah oleh Farizal.

"Semua pemain bisa gagal dalam melakukan penalti. Maradona pun, Messi pun pernah gagal," ujar Yeyen.


Juru latih yang menggantikan posisi Simon McMenemy itu menganggap momen penalti bisa menjadi titik tolak tim memberi perlawanan pada menit-menit akhir pertandingan.

Timnas Indonesia kalah 0-2 dari Malaysia. (Timnas Indonesia kalah 0-2 dari Malaysia. (AP Photo/Vincent Thian)
"Kalau dibilang momen itu adalah momen kebangkitan saya setuju, tapi apapun itu, pertandingan hanya 90 menit dan hasil sudah ada dan kita tidak bisa mengubahnya," kata Yeyen.

Kegagalan penalti Osas diakui Yeyen menjadi salah satu poin negatif Timnas Indonesia selain kesalahan di lini belakang. Selain finishing touch Osas dari titik putih, pada babak pertama Febri dan Greg Nwokolo juga gagal menuntaskan penyelesaian akhir.

Osas baru masuk pada babak kedua menggantikan Greg Nwokolo sebagai ujung tombak dalam formasi 4-2-3-1.

Pelatih Soal Penalti Gagal Indonesia: Messi Pernah Gagal
Kurang dari dua pekan lalu, Osas juga gagal mencetak gol dari titik putih. Ketika membela PS TIRA Persikabo melawan Persebaya Surabaya, pemain naturalisasi asal Nigeria itu juga tak mampu menaklukkan Imam Fadilah yang berada di bawah mistar pada 10 menit akhir laga. (nva/bac)