LAPORAN DARI MALAYSIA

Pemain Malaysia Pembobol Indonesia Didikan RD

CNN Indonesia | Rabu, 20/11/2019 10:06 WIB
Pemain Malaysia Pembobol Indonesia Didikan RD Safawi Rasid pembobol gawang Timnas Indonesia merupakan didikan Rahmad Darmawan. (AP Photo/Vincent Thian)
Kuala Lumpur, CNN Indonesia -- Pencetak gol Malaysia ke gawang Timnas Indonesia, Safawi Rasid, adalah bintang muda Malaysia yang pernah dididik pelatih Rahmad Darmawan ketika masih menangani T-Team Trengganu.

Safawi membuat Garuda terluka di Stadion Nasional Bukit Jalil. Eksekusi tendangan bebas kaki kiri dan penyelesaian akhir cemerlang setelah mencuri bola dari Rudolof Yanto Basna menjadi pembeda dalam laga Malaysia vs Indonesia.

Pemain 22 tahun itu kini sudah melesakkan 10 gol dari 27 kali memperkuat timnas Malaysia sejak 2017.


Karier Safawi di kancah profesional bermula pada empat tahun lalu. Mantan pelatih Timnas Indonesia, Rahmad Darmawan, yang kala itu mengarsiteki T-Team melihat bakat Safawi dalam liga sekolah.

Pemain Malaysia Pembobol Indonesia Didikan RDRahmad Darmawan yang mengorbitkan Safawi Rasid di T-Team Trengganu. (CNN Indonesia/Artho Viando)
Pemain kaki kidal itu kemudian masuk T-Team U-19 pada 2014. Hanya setahun di tim junior, Safawi mendapat kepercayaan tampil di tim senior T-Team.

Pelatih yang akrab disapa RD itu memberi tempat reguler bagi Safawi. Pada musim 2015 dan 2016, Safawi mencetak enam gol dari 49 penampilan. Tidak banyak gol yang dihasilkan, namun performa pemain yang bisa menjadi pemain sayap itu mengundang perhatian klub besar Malaysia, Johor Darul Ta'zim.

[Gambas:Video CNN]
Kerja sama RD dan Safawi pun berakhir seiring musim 2016 bubar. Safawi memilih bergabung ke JDT dan uang hasil penjualan digunakan T-Team untuk menjalani latihan di Indonesia.

Bersama JDT kemampuan Safawi sebagai juru gedor kian terlihat. Musim 2019, dia mencetak 20 gol dari 36 penampilan di berbagai ajang. Di kancah Malaysia Cup, Safawi menjadi top skor dengan 11 gol dari 10 laga.

Pemain Malaysia Pembobol Indonesia Didikan RD
Kegemilangan Safawi pun berbuntut pemanggilan ke timnas Malaysia. Dia kembali menjadi sorotan ketika mencetak dua gol ke gawang Korea Selatan pada Asian Games 2018.

Penampilan Safawi sebenarnya sudah diwaspadai pelatih caretaker Timnas Indonesia, Yeyen Tumena.

"Ya Safawi saya lihat dari Asian Games. Dia adalah pemain yang sangat baik. Waktu itu main di Jakarta dan Safawi sempat menciptakan gol melawan Korea dan dari situ saya melihat pemain ini sangat baik dengan bola terutama kaki kirinya sangat berbahaya. Saya pikir dia sebuah talenta yang luar biasa buat Malaysia," ucap Yeyen. (nva/bac)