Kualifikasi Piala Dunia: Indonesia Tim Asia Tenggara Terburuk

CNN Indonesia | Rabu, 20/11/2019 11:54 WIB
Kualifikasi Piala Dunia: Indonesia Tim Asia Tenggara Terburuk Timnas Indonesia jadi wakil Asia Tenggara terburuk di kualifikasi Piala Dunia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kekalahan dari Malaysia membuat Indonesia harus mengecap tim Asia Tenggara terburuk hingga pertandingan kelima Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Timnas Indonesia masih belum mampu meraih poin usai dikalahkan Malaysia 0-2 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (19/11). Dua gol Harimau Malaya diborong Safawi Rasyid.

Ini menjadi kekalahan kedua Garuda dari Malaysia. Sebelumnya, Andritany Ardhiyasa dan kawan-kawan takluk 2-3 dari Malaysia di Jakarta.


Skuat Garuda semakin tenggelam di dasar klasemen Grup G tanpa perolehan poin dari lima laga yang sudah dilakoni. Sementara Malaysia naik ke posisi kedua dengan koleksi sembilan poin.

[Gambas:Video CNN]
Adapun puncak klasemen Grup G masih dikuasai Vietnam yang mengemas 11 poin. Sedangkan Thailand menguntit di posisi ketiga dengan delapan poin.

Di grup lainnya, tim-tim Asia Tenggara mampu memberikan persaingan sengit. Setidaknya semua negara, kecuali Indonesia, berhasil mengoleksi poin.

Timnas Indonesia kalah 0-2 dari Malaysia di Bukit Jalil.Timnas Indonesia kalah 0-2 dari Malaysia di Bukit Jalil. (AP Photo/Vincent Thian)
Filipina misalnya. The Azkals masih membuka peluang lolos ke babak selanjutnya dengan mengemas tujuh poin hasil dari dua kali menang serta sekali imbang lawan China.

Saat ini Filipina berhak menempati peringkat ketiga Grup A dan hanya kalah selisih gol dari China yang berada di posisi kedua. Puncak klasemen dikuasai Suriah yang menyapu bersih lima kemenangan beruntun.

Singapura berhasil mengemas tujuh poin di Grup D dan Myanmar merebut enam poin di Grup F. Sementara Kamboja yang saat ini berstatus juru kunci Grup C, mampu mengemas satu poin dan masih lebih baik dari Indonesia. (jun/bac)