Tes MotoGP: Rossi Belum Puas dengan Kecepatan Motor

CNN Indonesia | Kamis, 21/11/2019 05:55 WIB
Tes MotoGP: Rossi Belum Puas dengan Kecepatan Motor Valentino Rossi berada di posisi kesembilan saat tes MotoGP terakhir di Valencia. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap Yamaha Valentino Rossi menilai kecepatan motor yang akan dipakai pada MotoGP 2020 masih tertinggal dari Ducati dan Honda.

Rossi memakai prototipe motor Yamaha 2020 saat melahap 68 putaran di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Rabu (20/11) waktu setempat. Di sesi terakhir ini, Rossi menempati posisi kesembilan dengan catatan waktu 1 menit 30,781 detik.

Di luar posisi Rossi, Yamaha sebenarnya tampil dominan di sesi tes terakhir. Pabrikan asal Jepang itu bisa menempatkan tiga pebalap sekaligus di posisi terdepan.


Rekan setim Rossi, Maverick Vinales jadi yang terbaik. Sedangkan posisi kedua dan ketiga ditempati dua pebalap Petronas Yamaha, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

"Kami coba lebih cepat di trek lurus dan motor sedikit lebih baik meski masih jauh [dari memuaskan]. Buat saya, kami berjalan ke arah yang benar namun tetap jarak [kecepatan maksimum motor] cukup jauh," ujar Rossi seperti dilansir Crash.

[Gambas:Video CNN]
"Ini adalah yang ketiga [versi] dan mesin sudah lebih baik. Namun, tetap mesin adalah bagian yang perlu untuk ditingkatkan."

Setelah tes MotoGP di Valencia, Rossi mengaku bersemangat untuk melihat performa motor pada tes berikutnya yang berlangsung di Sirkuit Jerez, 25 November mendatang. Menurut pebalap 40 tahun itu, Jerez punya karakteristik lintasan yang mirip dengan banyak sirkuit MotoGP.

Tes MotoGP: Rossi Belum Puas dengan Kecepatan Motor
"Ini sangat penting. Anda mengetahui Jerez lebih baik karena sirkuit ini sangat mirip dengan banyak trek lain. Sedangkan Valencia sangat kecil dan berbeda," ucapnya.

Selain Rossi, Quartararo dan Vinales berharap bisa melakoni tes di Sirkuit Jerez memakai prototipe motor baru. Kedua pebalap ini melakoni tes di Valencia dengan motor tahun 2019. (jal/jal)