Pembobol Gawang Indonesia Tak Bela Malaysia di SEA Games 2019

CNN Indonesia | Kamis, 21/11/2019 19:12 WIB
Pembobol Gawang Indonesia Tak Bela Malaysia di SEA Games 2019 Safawi Rasid tak dimasukkan skuat Malaysia di SEA Games 2019. (AP Photo/Vincent Thian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pencetak gol Malaysia ke gawang Timnas Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022, Muhammad Safawi bin Rasid, dicoret dari susunan pemain Harimau Malaya yang akan berlaga di SEA Games 2019.

Pelatih Timnas Malaysia U-23, Ong Kim Swee, memberi Safawi waktu beristirahat setelah memperkuat tim senior.

"Ini adalah keputusan yang sulit bagi saya. Safawi pantas mendapat istirahat setelah menjalani banyakj pertandingan untuk negara dan klub pada tahun ini. Safawi butuh istirahat karena kami memiliki jadwal penting tahun depan," ucap Kim Swee dikutip dari New Strait Times.


"Saya sendiri yang membuat keputusan ini dan Safawi paham alasan dia tidak dipanggil. Ini untuk kepentingannya juga untuk tim Johor Darul Tazim dan timnas. Saya harap semua bisa mengerti," tambahnya.

Pembobol Gawang Indonesia Tak Bela Malaysia di SEA Games 2019Safawi Rasid memperkuat Timnas Malaysia U-23 di SEA Games 2019. (MOHD RASFAN / AFP)
Tanpa Safawi, Kim Swee memberi kesempatan bagi pemain depan lain di Timnas Malaysia U-23.

"Jika Safawi ada di dalam skuat, maka akan membatasi kesempatan bagi pemain depan lain," kata Kim Swee merujuk pada kontribusi Safawi di berbagai timnas kelompok umur.

[Gambas:Video CNN]
Safawi sudah memperkuat timnas Malaysia senior dan U-23 sejak 2016. Khusus di tim senior, Safawi sudah mencetak 10 gol dari 27 penampilan. Sementara di tim Harimau Muda, pemain yang bisa beroperasi sebagai winger itu menyumbang 11 gol.

Kim Swee tetap memanggil tujuh pemain lain yang juga memperkuat timnas senior, seperti Adam Nor Azlin, Dominic Tan Jun Jin, Haziq Nadzli, Syamer Kutty Abba, Akhyar Rashid, Syahmi Safari, dan Daniel Amier Norhisham.

Pembobol Gawang Indonesia Tak Bela Malaysia di SEA Games 2019

Kecuali Adam yang sudah berusia 23 tahun, enam pemain tersebut masih berada pada batas umur 22 tahun. Pemain senior yang disertakan adalah Irfan Zakaria yang berusia 24 tahun.

Malaysia akan bergabung di Grup A dengan Filipina, Myanmar, Kamboja, Timor Leste dalam cabang olahraga sepak bola di SEA Games 2019. (nva/jun)