4 Calon Duel Panas Indonesia vs Malaysia di SEA Games 2019

CNN Indonesia | Sabtu, 23/11/2019 19:48 WIB
4 Calon Duel Panas Indonesia vs Malaysia di SEA Games 2019 TImnas Indonesia dan timnas Malaysia baru bisa bertemu selepas babak penyisihan di SEA Games 2019. (Dok.PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tensi Indonesia dan Malaysia di dunia olahraga memanas setelah laga di kualifikasi Piala Dunia 2022. Hal itu bakal memanaskan pertemuan Indonesia lawan Malaysia di SEA Games 2019.

SEA Games 2019 yang berlangsung di Filipina 30 November hingga 11 Desember mendatang berpotensi menghadirkan duel panas antara Indonesia lawan Malaysia. Tensi kedua negara memanas setelah peristiwa dugaan pengeroyokan suporter Indonesia di Malaysia.

Berikut sejumlah cabang olahraga yang berpotensi menghadirkan duel panas antara Indonesia lawan Malaysia di SEA Games 2019:


1.Sepak Bola

Indonesia dan Malaysia terpisah dalam grup yang berbeda. Malaysia di grup A bersama Filipina, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste.


Sementara itu Indonesia ada di grup B bersama Thailand, Vietnam, Singapura, Laos, dan Brunei Darussalam.

Dengan demikian, duel Indonesia lawan Malaysia hanya bisa terjadi jika kedua tim lolos dari babak penyisihan grup. Namun hal itu tentu bakal meningkatkan tensi di antara kedua tim bila dibandingkan mereka bertemu di babak penyisihan.

2. Pencak Silat

Indonesia dan Malaysia dikenal memiliki atlet pencak silat yang hebat. Karena itu sangat mungkin duel Indonesia lawan Malaysia terjadi di cabang olahraga ini.
4 Calon Duel Panas Indonesia vs Malaysia di SEA Games 2019Sempat terjadi tensi tinggi dalam final pencak silat antara atlet Indonesia dengan Malaysia di Asian Games 2018. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Pada tahun lalu, atlet Malaysia sempat mengamuk di belakang arena pertandingan karena dinyatakan kalah dari Indonesia. Atlet Malaysia bernama Mohd Al Jufferi Jamari mengamuk hingga menghancurkan pembatas ruangan.

3. Sepak Takraw

Indonesia dan Malaysia juga punya hubungan panas dua tahun lalu. Pada SEA Games 2017 yang berlangsung di Malaysia, Tim sepak takraw putri Indonesia memutuskan walkout dalam laga lawan Malaysia karena merasa mendapat perlakuan tak adil dari wasit.
4 Calon Duel Panas Indonesia vs Malaysia di SEA Games 2019Tim Sepak takraw putri Indonesia sempat mundur dari SEA Games 2017. (Dok. Kemenpora RI)

Indonesia dan Malaysia sendiri termasuk dua kekuatan besar di cabang olahraga sepak takraw sehingga berpotensi kembali berjumpa di SEA Games 2019.

4. Bulutangkis

Indonesia dan Malaysia juga merupakan kekuatan utama di cabang olahraga bulutangkis di Asia Tenggara. Hal ini membuat atlet-atlet Indonesia punya potensi besar berduel lawan atlet Malaysia dalam perebutan medali di cabang olahraga bulutangkis, baik di beregu maupun perorangan. (ptr/ptr)