Doohan Sebut MotoGP Indonesia 2021 Bakal Seru

CNN Indonesia | Minggu, 24/11/2019 06:10 WIB
Doohan Sebut MotoGP Indonesia 2021 Bakal Seru Mick Doohan prediksi MotoGP Indonesia bakal seru. (Photo by JOHANNES EISELE / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan juara dunia lima kali di kelas 500cc Michael 'Mick' Doohan meyatakan balapan MotoGP Indonesia 2021 di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, bakal berjalan seru.

Doohan memberikan penilaian tersebut setelah melihat simulasi balapan di sirkuit yang rencananya akan beres dibangun pada akhir tahun 2020.

Doohan mengaku sudah tiga kali melihat simulasi balapan di sirkuit Mandalika. Simulasi serupa diperlihatkan kepada publik saat berlangsungnya acara hitung mundur pre-booking tiket MotoGP Indonesia 2021 di kawasan SCBD, Jakarta, Minggu (23/11).


"Saya tidak bisa terlalu banyak bicara, tetapi sejujurnya melihat simulasi diperlukan akselerasi motor. [Sirkuit yang] terlihat cepat dan balapan akan berlangsung cair," ujar Doohan.

Meski demikian, Doohan enggan membandingkan lebih jauh karakteristik Sirkuit Mandalika 2021 dengan sirkuit MotoGP yang lain. Menurut Doohan setiap sirkuit memberikan tantangan dan tingkat kesulitan yang berbeda.

Mick Doohan berfoto bersama suporter Indonesia.Mick Doohan berfoto bersama suporter Indonesia. (CNNIndonesia/Juprianto Alexander)
Ia pun meyakini keamanan para pebalap akan terjamin di Sirkuit Mandalika. Sirkuit sepanjang 4,32 kilometer dengan 18 tikungan itu akan berlangsung di jalan raya, berbeda dengan sirkuit MotoGP yang ada saat ini.

[Gambas:Video CNN]
"Sirkuit jalanan tetapi fasilitasnya sama dengan sirkuit kekinian. Sudah 30 tahun sejak sirkuit jalanan terakhir di MotoGP. Ini format yang berbeda dan sudah dilengkapi keamanan yang memadai," kata Doohan.

Doohan sendiri mendapatkan sambutan hangat dari fan selama hadir di acara pre-booking tiket MotoGP Indonesia 2021. Ia jadi sasaran swafoto fan dan tidak sedikit pula yang meminta tanda tangan mantan pebalap asal Australia itu.

Oleh karena itu, Doohan merasa senang bisa kembali ke Indonesia. "Saya juga yakin para pebalap dan kru akan menikmati dan mungkin singgah di sana [Mandalika] setelah balapan selesai," tutur Doohan.

Sementara itu, Direktur Olahraga Dorna Carloz Ezpeleta sebagai pemegang lisensi balapan MotoGP mengaku antusias dengan kembalinya ajang balap motor kelas dunia ini ke Indonesia.

"Indonesia negara yang penting bagi MotoGP. Fan di sini luar biasa dan kami harap balapan nanti akan berlangsung sukses di sirkuit yang luar biasa," ucap Ezpeleta. (jal/sry)