Hindari Menu Babi, CdM Indonesia Siapkan Menu Pengganti

CNN Indonesia | Rabu, 27/11/2019 15:15 WIB
Hindari Menu Babi, CdM Indonesia Siapkan Menu Pengganti CdM SEA Games 2019 Harry Warganegara menegaskan sudah menyiapkan menu pengganti untuk menghindari makanan non-halal. (CNN Indonesia/Surya Sumirat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Chief de Mission (CdM) SEA Games 2019 Harry Warganegara menegaskan telah menyiapkan menu pengganti demi menghindari atlet muslim mengonsumsi daging babi di Filipina.

Harry meminta setiap ketua kontingen atau manajer cabang olahraga berkoordinasi dengan CdM jika terjadi kendala di lapangan, termasuk soal ketersediaan makanan halal.

"Kami sudah komunikasi lewat manajer cabor, sampaikan ke atlet jangan makan sembarangan. Kalau tidak yakin atau ada yang aneh, jangan dimakan. Kita punya menu pengganti seperti rendang, cakalang asap, tuna asap, dendeng balado, dan lain-lain," kata Harry.


"Seharusnya komunikasi itu terjalin secara intens. Jadi artinya kebutuhan teman-teman bisa kita antisipasi," sambungnya.

[Gambas:Video CNN]
Sebelumnya, laporan Maki Pulido yang dilansir GMANews menyebut, personel Timnas Indonesia tak sengaja mengonsumsi daging babi. Ini terjadi karena tak ada informasi yang jelas dari Panitia Penyelenggara Pertandingan Olahraga Asia Tenggara Filipina (PHISGOC).

Ketua National Olympic Committee (NOC), Raja Sapta Oktohari, pun menyampaikan permintaan maaf jika kabar tersebut benar.

"Kami mohon maaf seandainya terjadi kesalahan sampai makan babi itu benar. Saya sedang tidak berada di sana tapi ini akan jadi catatan penting supaya tidak terulang."

Hindari Menu Babi, CdM Indonesia Siapkan Menu Pengganti
"Tantangannya di sana ada manakan yang non-halal. Kami bisa mengerti dan sudah siapkan alternatif makanan sehat buat para atlet. Mereka tinggal konsultasi saja dengan CdM," tutur Okto. (TTF)