Persija vs Persipura, Jacksen Soroti Perubahan Tuan Rumah

CNN Indonesia | Kamis, 28/11/2019 04:21 WIB
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago menyoroti perubahan tuan rumah, Persija Jakarta jelang pertemuan kedua tim pada lanjutan Liga 1 2019 di GBK Boas Solossa (kanan) masih diandalkan Persipura di lini depan. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago menyoroti perubahan tuan rumah Persija Jakarta jelang pertemuan kedua tim pada lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Kamis (28/11).

Persipura sudah tiga hari berada di Jakarta untuk menggelar persiapan menghadapi Persija. Selama tiga hari, fokus latihan ada pada pemulihan kondisi pemain usai kekalahan 0-1 yang dialami Mutiara Hitam dari Persebaya Surabaya di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Minggu (24/11).

Pertemuan di SUGBK besok bakal menjadi pertemuan ketiga Jacksen dengan Persija di sepanjang 2019. Menariknya, dalam tiga pertemuan, Persija dipimpin tiga pelatih berbeda.


"Kebetulan saya tiga kali bertemu Persija dengan tiga pelatih berbeda. Edson [Pelatih Persija, Edson Tavares] adalah pelatih saya waktu saya bermain di China [Guangzhou Matsunichi]. Saya kenal beliau secara pribadi, kami cukup dekat," kata Jacksen saat jumpa pers, Rabu (27/11).

Persija vs Persipura, Jacksen Soroti Perubahan Tuan RumahPersija Jakarta akan menjadi lawan Persipura di Liga 1. (dok. Persija Jakarta)

Sebelumnya, saat menjadi pelatoh Barito Putera, Jacksen pernah bertemu Persija yang kala itu dinahkodai Ivan Kolev dengan hasil imbang 1-1 pada 20 Mei lalu. Pertemuan pelatih asal Brasil itu dengan Persija kembali terulang ketika ia sudah memimpin pasukan Mutiara Hitam dengan kemenangan 2-0 pada 11 September lalu.

"Perubahan Persija ada di pelatih. Masing-masing pelatih punya konsep beda. Sebagai pelatih, saya ada analisis pribadi. Kami melihat kekuatan lawan dari pemain dan katakter pelatih untuk tahu perubahan apa yang bakal dilakukan."

"Antisipasi yang dilakukan kalau mereka sedang ketinggalan, dan keputusan-keputusan apa yang biasa digunakan. Perubahan itu yang menjadi fokus pelatih dan di kepelatihan. Kami juga antisipasi kemungkinan dan yang penting antisipasi," jelas Jacksen.

[Gambas:Video CNN]
Jacksen juga tidak akan terpengaruh dengan atmosfer Persija yang kembali main di SUGBK untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-91 ini. Pastinya, ia menyebut sudah mempersiapkan tim untuk mendapatkan hasil terbaik dari lawatannya kali ini ke Jakarta.

"Kami datang untuk hadapi Persija yang saat ini tidak seperti biasa dengan usaha mereka membawa pertandingan ini ke sini [SUGBK] supaya pesta [ulang tahun] mereka lengkap. Tapi tujuan kami ke sini tidak ada hubungannya dengan urusan mereka. Kami datang murni dengan prestasi yang ingin dicapai Persipura," terangnya.

Persija vs Persipura, Jacksen Soroti Perubahan Tuan Rumah
Lanjut Jacksen, Persipura memiliki staf yang membantu menganalisis tim lawan dan membuat perencanaan latihan berdasarkan data. Tak hanya Marko Simic, tapi ada beberapa pemain lain yang juga menjadi catatan kekuatan Persija.

"Simic jadi catatan. Tapi bukan cuma Simic, banyak pemain lain yang bagus. Ada Xandao [Alexandre Luiz Reame], Riko [Simanjuntak], Rohit [Chand]. Kami banyam arahkan fokus ke pemain itu. Kami harus hadapi kekuatan Persija di lini depan, tengah dan belakang yang mengancam kami," pungkasnya. (TTF/bac)