Kisah Kyandra, Atlet Cilik 10 Tahun di Kontingen SEA Games

CNN Indonesia | Rabu, 27/11/2019 21:05 WIB
Kisah Kyandra, Atlet Cilik 10 Tahun di Kontingen SEA Games Kyandra Kailana Susanto jadi atlet termuda Indonesia di SEA Games 2019. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kyandra Kailana Susanto menjadi atlet termuda Kontingen Indonesia di SEA Games 2019 Filipina. Kyandra merupakan atlet skateboard Indonesia yang saat ini baru berusia 10 tahun.

Bagi Kyandra, SEA Games 2019 menjadi penampilan pertamanya mewakili Merah Putih di ajang internasional. Meski tak ditarget juara, ia berharap bisa membawa pulang medali dari pesta olahraga Asia Tenggara tersebut.

"Ini pertama kali ikut SEA Games, rasanya senang sekali. Latihannya sudah lama. Maunya dapat medali, tapi agak takut juga soalnya lawannya jago, tapi do your best saja," kata Kyandra yang ditemui di sela-sela pengukuhan kontingen di Hall Basket Senayan, Rabu (27/11).


Menurut Kyandra, yang turun di nomor street skateboard, lawan paling sulit adalah Vietnam dan tuan rumah Filipina. Dari segi skill dan teknik, dua lawan kuat itu disebut lebih bagus.

Kyandra mulai menekuni skateboard sejak usianya sembilan tahun. Menariknya, ia tertarik untuk menekuni skateboard setelah melihat sang adik yang berusia enam tahun belajar skateboard dari video di Youtube.
Kontingen Indonesia di SEA Games 2019.Kontingen Indonesia di SEA Games 2019. (CNN Indonesia/ Bisma Septalisma)
"Pas saya lihat videonya kelihatannya seru, keren jadi saya suka dan mau ikut coba latihan," kata atlet cilik yang mengidolakan Nyjah Huston, skateboarder asal Amerika Serikat.

Dalam sehari, Kyandra berlatih selama empat jam di kawasan BSD setelah menyelesaikan tugasnya belajar di Sekolah Darma Karya, Tangerang Selatan. Ia menyakinkan tidak ada larangan dari kedua orang tuanya untuk menekuni hobi dan kariernya di olahraga skateboard.

Sebelum masuk ke pelatnas menuju SEA Games 2019, Kyandra lebih dulu menguji kemampuannya di turnamen-turnamen level nasional. Terakhir, ia menjadi juara turnamen skateboard yang digelar di Depok sebelum akhirnya dipanggil ke tim nasional.
[Gambas:Video CNN]
Selain skateboard, Kyandra juga menyebut senang menggambar seperti yang dilakukan sang kakak. Siswa kelas 5 Sekolah Dasar (SD) itu mengaku tidak terbeban dan selalu mengingat pesan kedua orang tuanya.

Untuk menghilangkan grogi sebelum bertanding, Kyandra diminta untuk membaca doa kedua orang tua seperti yang diingatkan ibunya, Laksmita Dewi dan sang ayah, Heri Susanto.

"Ya pesan mama sama papa bilang do your best saja. Kalau bisa minimal kalahkan satu atau dua lawan di sana," ungkap Kyandra.
Kisah Kyandra, Atlet Cilik 10 Tahun di Kontingen SEA Games
Ia juga sudah berpikir soal janji bonus yang diberikan jika mendapatkan medali di SEA Games 2019 Filipina. Rumah untuk kedua orang tua menjadi rencana besar Kyandra jika berhasil mendapat bonus.  (TTF/ptr)