Sekilas Timnas Polo Air, Penyumbang Emas SEA Games 2019

CNN Indonesia | Jumat, 29/11/2019 20:55 WIB
Sekilas Timnas Polo Air, Penyumbang Emas SEA Games 2019 Timnas polo air Indonesia meraih emas SEA Games untuk kali pertama pada 2019. (Widodo S. Jusuf)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah berulang kali selalu kalah dari Singapura, Timnas polo air putra Indonesia untuk kali pertama meraih emas di ajang SEA Games.

Meraih tiga kemenangan dan satu hasil seri, tim polo air Indonesia memastikan medali emas pada SEA Games 2019. Kendati negara-negara lain masih bakal bermain pada Minggu (1/11), posisi tim Merah Putih dipastikan tidak akan tergeser dari puncak klasemen.

Emas di cabang polo air putra memang lebih akrab dengan timnas Singapura. Namun kali ini, Ridjkie Mulia dan kawan-kawan mampu menumbangkan tim asal negeri Jiran tersebut.


Dalam empat penyelenggaraan SEA Games sebelumnya, Indonesia harus puas dengan medali perak. Dua tahun lalu di Malaysia, selisih gol Singapura yang lebih baik membuat mereka unggul atas Indonesia.

Sekilas Timnas Polo Air, Penyumbang Emas SEA Games 2019Indonesia terlibat dalam perebutan emas polo air di SEA Games sejak 1977. (Widodo S. Jusuf)
Hasil emas pada SEA Games kali ini tidak lepas dari kepercayaan tim pada Milos Sakovic yang menjadi pelatih sejak dua tahun lalu. Meskipun hanya membawa Indonesia ke babak perempat final Asian Games 2018, polesan Sakovic terbukti dengan podium tertinggi pada SEA Games 2019.

Cukup banyak muka lama yang memperkuat tim polo air putra kali ini. Ridjkie, Rezza Putra, Beby Willy Paksi, Zaenal Arifin, Silvester Manik, Yusuf Budiman, Rian Rinaldo, Novian Putra dan Delvin Felliciano merupakan nama-nama yang turut berlaga pada Asian Games 2017.

[Gambas:Video CNN]
Sementara empat pemain lain juga tidak bisa dikatakan sepenuhnya sebagai muka baru karena pernah membela Indonesia di ajang SEA Games sebelumnya

Bahkan Ridjkie, Rezza, Beby, Delvin, Silvester, dan Novian selalu terpilih masuk dalam tim polo air putra Indonesia sejak 2013.

Keberhasilan tim polo air putra Indonesia meraih emas pada SEA Games kali ini mendapat apresiasi dari Chef de Mission kontingen Indonesia Harry Warganegara.
Sekilas Timnas Polo Air, Penyumbang Emas SEA Games 2019


"Alhamdulillah akhirnya tim polo air putra Indonesia mampu mencetak sejarah pertama kali merebut emas sejak 42 tahun ikut SEA Games dan menjadi penyumbang medali emas pertama bagi Kontingen Indonesia."

"Ini merupakan langkah awal yang baik. Semoga bisa diikuti cabang-cabang olahraga lainnya," ujar Harry dikutip dari rilis resmi. (nva/nva)