Santos: Portugal Tim Underdog di Piala Eropa 2020

CNN Indonesia | Minggu, 01/12/2019 22:06 WIB
Santos: Portugal Tim Underdog di Piala Eropa 2020 Fernando Santos menganggap timnas Portugal bukan unggulan di Piala Eropa 2020. (PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Fernando Santos menyebut timnas Portugal bukan tim unggulan di Piala Eropa 2020 usai hasil undian turnamen empat tahunan itu, Sabtu (30/11) waktu setempat.

Di Piala Eropa 2020 Portugal menempati Grup F bersama Jerman, Prancis, dan satu tim lain hasil play-off. Sejumlah pihak menyebut Grup F sebagai Grup Neraka.

Mengetahui bakal mendapat lawan berat di Piala Eropa 2020, Fernando Santos memilih merendah. Santos menilai, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan bukan kandidat juara. Meskipun Portugal merupakan juara bertahan dan juara UEFA Nations League.


"Itu akan jadi grup yang kuat, dua unggulan dan kandidat [juara]," ujar Santos dikutip dari FOX Sports Asia.

"[Prancis dan Jerman] memiliki tanggung jawab untuk menang, dan mereka harus memikul tanggung jawab itu. Kami akan percaya pada peluang kami. Kami datang sebagai kandidat dan jelas kami ingin menang," ucap Santos menambahkan.

Timnas Jerman diklaim sebagai salah satu kandidat juara Piala Eropa 2020.Timnas Jerman diklaim sebagai salah satu kandidat juara Piala Eropa 2020. (AP Photo/Martin Meissner)
Santo menyebut Grup F sebagai grup yang tidak diinginkan tim mana pun. Tiga tim dari Grup F tersebut pernah memenangi turnamen besar. Jerman dan Prancis pernah juara Piala Dunia dan Piala Eropa, sedangkan Portugal juara Piala Eropa dan UEFA Nations League.

[Gambas:Video CNN]
"Dua juara dunia, juara Eropa dan pemenang UEFA Nations League. Saya pikir ini grup yang tidak diinginkan siapa pun karena setiap tim ingin menghindari dua tim lainnya," tutur Santos.

Santos: Portugal Tim Underdog di Piala Eropa 2020
Satu tim lain di Grup F akan diambil dari play-off yang berisikan Bosnia dan Herzegovina, Irlandia Utara, Slovakia, dan Republik Irlandia.

"Semua orang akan saling menghormati, dan hanya menunggu untuk melihat siapa yang akan menjadi tim keempat," kata Santos.

Portugal melaju ke putaran final Piala Eropa 2020 setelah menjadi runner-up Grup B di belakang Ukraina usai menang 5 kali, imbang 2 kali, dan 1 kali kalah. (sry/jun)