PSSI Siap Bayar Mahal untuk Gaji Pelatih Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Senin, 02/12/2019 18:59 WIB
PSSI Siap Bayar Mahal untuk Gaji Pelatih Timnas Indonesia Ilustrasi Luis Milla saat melatih Timnas Indonesia. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Umum, Cucu Somantri menegaskan PSSI siap untuk membayar gaji pelatih Timnas Indonesia terpilih berapa pun besarannya.

Dua calon pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong (Korea Selatan) dan Luis Milla (Spanyol) sudah melakukan presentasi di depan pengurus PSSI. Tae Yong menggelar presentasi di Kuala Lumpur, Malaysia pada 19 November lalu disusul Luis Milla di Manila, Filipina, Jumat (29/11).

Namun, belakangan Tae Yong diklaim media China, Axtoutiao sudah menolak tawaran Timnas Indonesia dan tengah bernegoisasi dengan klub China, Jiangsu Suning. Perkara nominal gaji yang diminta PSSI dianggap menjadi salah satu alasannya.


Jiangshu dikabarkan berani membayar 10 juta euro untuk menjadikan pelatih asal Italia, Fabio Capello sebagai juru taktik mereka di Liga Super China 2018. Angka tersebut jauh lebih besar dibanding ketika Milla melatih Timnas Indonesia pada 2017 yang disebut berada di angka 88 ribu euro.

Shin Tae-yong disebut menolak untuk melatih Timnas Indonesia. (Dok.PSSI)
"Berapa saja [harganya] kita siap [membayar gaji pelatih Timnas Indonesia], yang penting berkualitas, membawa peningkatan prestasi kita untuk jangka panjang dan dapat mentransfer ilmunya kepada para pelatih kita," kata Cucu melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Senin (2/12).


Masalah gaji ini juga disebut Cucu sedang dalam pembahasan di ranah Eksekutif Komite (Exco) PSSI. Pembahasan itu dilakukan setelah mendengarkan presentasi yang dilakukan Tae-yong dan Milla.

[Gambas:Video CNN]
"Maka itu sedang lagi dibahas dengan para Exco, nanti Ketua Umum yang putuskan. Kami maunya segera [ditentukan siapa pelatih Timnas Indonesia]," ucapnya.

Cucu menyatakan belum mendapat kabar secara langsung dari Tae-yong soal penolakan menjadi pelatih Skuat Garuda. Di sisi lain, PSSI juga masih menunggu proposal pengajuan gaji dari Milla sebelum memberikan keputusan resmi soal pelatih.

Cucu mengungkapkan proposal gaji Luis Milla ditunggu paling lambat pada Desember ini karena PSSI diharapkan bisa memberikan laporan terkait pelatih Timnas Indonesia di Kongres Tahunan pasa Januari 2020 mendatang.

"Bulan ini [Desember] harus sudah masuk proposal [pengajuan gaji Luis Milla] karena kita harus segera punya pelatih untuk Timnas. Januari, di kongres sudah bisa kami dilaporkan," tegas Cucu.

Cucu juga memastikan tidak ada nama calon lain yang dilirik PSSI sebagai kandidat pelatih Timnas Indonesia selain Luis Milla dan Tae-yong. "Belum ada [kandidat lain]. Masih terima masukan dari para pakar dan direktur teknik serta para pelatih kita, juga masyarakat," ia memungkasi. (TTF)