2 'Dosa' Messi di Balik Kemenangan Ballon d'Or 2019

CNN Indonesia | Selasa, 03/12/2019 06:20 WIB
2 'Dosa' Messi di Balik Kemenangan Ballon d'Or 2019 Lionel Messi terpilih sebagai pemenang Ballon d'Or 2019. (AP Photo/Francois Mori)
Jakarta, CNN Indonesia -- Keberhasilan Lionel Messi merebut Ballon d'Or 2019 menimbulkan kontroversi. Berikut dua kegagalan Messi yang disebut seharusnya jadi pertimbangan untuk penentuan pemilihan pemain terbaik.

Messi kembali menunjukkan kemampuannya sebagai mesin gol di Barcelona. Ia dengan mudah mengulangi catatan di atas 40 gol seperti tahun-tahun sebelumnya.

Messi juga berhasil membawa Barcelona meraih gelar Liga Spanyol. Namun gelar La Liga itu sendiri jadi satu-satunya gelar yang diraih Messi di tahun 2019.


Pemain bernomor punggung 10 itu tak mampu mewujudkan treble bagi Barcelona. Tak hanya itu, Messi juga gagal di timnas Argentina.

Berikut dua 'dosa' Messi di balik keberhasilan dirinya memenangkan Ballon d'Or 2019:


1. Kalah di Semifinal Liga Champions

Kekalahan di sebuah pertandingan adalah hal yang biasa. Namun kalah dan tersingkir setelah memiliki modal kemenangan 3-0 di leg pertama tentu luar biasa.

Hal itu menimpa Messi dan kawan-kawan di semifinal Liga Champions musim lalu. Messi mampu tampil bagus di leg pertama semifinal dengan torehan dua gol yang mengantar Blaugrana menang dengan skor 3-0.
Lionel Messi tidak mampu menyelamatkan Barcelona dari pembantaian di Anfield.Lionel Messi tidak mampu menyelamatkan Barcelona dari pembantaian di Anfield. (Paul ELLIS / AFP)
Skor telak di leg pertama tersebut ternyata tak mampu memberikan jaminan Barcelona ke babak final. Barcelona justru tumbang dengan skor 0-4 di markas Liverpool, Anfield.

Di tengah gempuran Liverpool, Messi tak mampu memberikan sentuhan magisnya untuk membawa Barcelona keluar dari tekanan dan lolos ke babak final.

Kepedihan akibat gagal lolos ke final Liga Champions saat unggul 3-0 di leg pertama tersebut bahkan masih dirasakan oleh Messi beberapa bulan setelahnya.

2. Tak Bisa Bawa Argentina Juara Copa America

Lionel Messi kembali gagal menuntaskan harapan rakyat Argentina untuk melihat tim nasional mereka juara.

Messi kembali tampil melempem bersama Argentina di Copa America 2019. Messi hanya mencetak satu gol dalam perjalanan Argentina menuju babak semifinal. Ketika Argentina tersingkir oleh Brasil, Messi juga tak bisa memberikan banyak pertolongan.

Messi malah terlibat kericuhan dan harus terkena kartu merah pada laga lawan Chile di perebutan peringkat ketiga.

Messi tidak bisa bersinar di Copa America 2019.Messi tidak bisa bersinar di Copa America 2019. ( PEDRO UGARTE / AFP)
Dalam karier Messi, ia belum pernah memberikan kemenangan untuk Argentina di level senior. Persembahan Messi untuk Argentina adalah medali emas Olimpiade 2008 dan juara Piala Dunia U-20 di tahun 2005.

Di level senior, Messi hanya sanggup mengantar Argentina jadi runner up Piala Dunia 2014 dan runner up Copa America 2007, 2014, dan 2015. (ptr/jal)