Prediksi Indonesia vs Malaysia di Final Badminton SEA Games

CNN Indonesia | Rabu, 04/12/2019 07:05 WIB
Prediksi Indonesia vs Malaysia di Final Badminton SEA Games Fajar/Rian akan menghadapi Aaron/Soh yang selama ini sulit mereka kalahkan.( Dok. PBSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia akan menghadapi Malaysia di final badminton beregu putra SEA Games 2019 di Muntinlupa Sports Complex, Rabu (4/12). Berikut prediksi laga tersebut.

Melihat komposisi pemain yang diturunkan di babak final, Indonesia dan Malaysia punya peta kekuatan yang berbeda. Indonesia justru bakal bertumpu pada nomor tunggal di babak final kali ini.

Menilik susunan pemain Jonatan Christie, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Anthony Ginting, Wahyu Nayaka/Ade Yusuf, dan Shesar Hiren Rhustavito, Indonesia bakal berusaha sekuat tenaga mencuri poin dari Jonatan dan Ginting.


Dari rekor head to head, Jonatan dan Ginting unggul atas lawan-lawannya. Jonatan selalu menang dalam empat pertemuan lawan Lee Zii Jia sedangkan Ginting punya keunggulan dalam satu-satunya duel lawan Soong Joo Ven.

Anthony Ginting punya peluang bagus untuk menyumbang poin bagi Indonesia di laga final SEA Games.Anthony Ginting punya peluang bagus untuk menyumbang poin bagi Indonesia di laga final SEA Games. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)

Menilik dari segi peringkat, Jonatan dan Ginting juga punya peringkat dunia yang lebih bagus dibandingkan lawan-lawannya.

Namun Lee Zii Jia adalah salah satu pebulutangkis yang terkadang mampu membuat kejutan. Lee Zii Jia pernah mengalahkan Viktor Axelsen (Korea Open), Chen Long (Indonesia Open), dan Chou Tien Chen (Indonesia Masters).

Lee Zii Jia adalah harapan paling besar dari Malaysia untuk mencuri poin di nomor tunggal sekaligus memberikan tekanan pada Indonesia lewat kemenangan di partai awal.

Strategi Malaysia dalam final ini terlihat jelas dari susunan pemain yang ada. Malaysia berharap bisa menguasai partai ganda dan mencuri satu poin dari nomor tunggal.
[Gambas:Video CNN]
Malaysia punya modal bagus dalam upaya mewujudkan strategi tersebut. Aaron Chia/Soh Wooi Yik dan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi memiliki rekor pertemuan yang mumpuni melawan dua ganda Indonesia, Fajar/Rian dan Wahyu/Ade.

Aaron/Soh selalu keluar sebagai pemenang dalam tiga duel yang terjadi menghadapi Fajar/Rian. Pertemuan terakhir dua ganda itu terjadi di Fuzhou China Open ketika Aaron/Soh menang 21-13, 18-21, 16-21.

Sementara itu Ong/Teo dan Wahyu/Ade sama-sama dua kali menang dalam empat duel yang telah terjadi.

Jonatan Pegang Kunci

Duel Jonatan lawan Lee Zii Jia bakal memegang peranan vital. Dua negara sama-sama berharap bisa merebut poin dari laga pertama.

Situasi bakal sulit bagi Indonesia bila Malaysia yang mampu mencuri poin di laga perdana.

Jonatan punya peran vital sebagai pebulutangkis yang main di laga pembuka final lawan Malaysia.Jonatan punya peran vital sebagai pebulutangkis yang main di laga pembuka final lawan Malaysia. (Dok. PBSI)

Namun bila Jonatan berhasil menyumbangkan poin untuk Indonesia, skuat Merah-Putih punya kesempatan untuk menyudahi perlawanan Malaysia dalam tiga partai awal.

Kemenangan Jonatan bisa turut melepaskan beban yang ada di Fajar/Rian. Meski belum berhasil menang di tiga laga sebelumnya, Fajar/Rian punya kualitas untuk menaklukkan Aaron/Soh karena dari segi peringkat justru Fajar/Rian yang punya peringkat BWF lebih baik.

Prediksi Indonesia vs Malaysia di Final Badminton SEA Games
Andai Indonesia bisa unggul 2-0 di awal, umur Malaysia di laga final nanti hanya akan sampai di partai ketiga karena Anthony Ginting punya kualitas di atas Soong Joo Ven.

Head to Head Line Up Indonesia vs Malaysia

Jonatan vs Lee Zii Jia 4-0
Fajar/Rian vs Aaron/Soh 0-3
Ginting vs Soong Joo Ven 1-0
Wahyu/Ade vs Ong/Teo 2-2
Shesar vs Lim Chong King 0-0 (ptr/ptr)