Syarat Indonesia Juara Grup B Sepak Bola SEA Games

CNN Indonesia | Rabu, 04/12/2019 11:04 WIB
Syarat Indonesia Juara Grup B Sepak Bola SEA Games Indonesia mengintip peluang untuk bisa jadi juara Grup B SEA Games 2019. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia masih punya peluang untuk jadi juara Grup B cabang sepak bola SEA Games 2019. Berikut beberapa hal yang harus dipenuhi skuat Garuda Muda.

Posisi Indonesia untuk sekadar lolos ke semifinal SEA Games 2019 terbilang aman, karena kemenangan selisih satu gol atas Laos pada pertandingan terakhir sudah cukup untuk menghadirkan tiket semifinal.

Indonesia juga masih punya peluang untuk bisa jadi juara Grup B di akhir babak penyisihan. Hal itu bisa terjadi bila poin Indonesia, Vietnam, dan Thailand sama-sama 12 di akhir babak penyisihan dan penentuan juara grup akan dilihat dari selisih gol.


Indonesia saat ini mengoleksi selisih gol +11 (13-2), Vietnam +13 (15-2), dan Thailand +10 (12-2). Perhitungan lolos sebuah tim bila memiliki nilai sama ditentukan berdasarkan selisih gol kemudian produktivitas gol.

Indonesia saat ini memiliki selisih gol +11.Indonesia saat ini memiliki selisih gol +11. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Berikut syarat yang harus dipenuhi Indonesia untuk jadi juara Grup B SEA Games 2019:

1. Syarat utama adalah Thailand mengalahkan Vietnam di laga terakhir Grup B plus Indonesia menaklukkan Laos di saat bersamaan.

Kondisi itu akan menciptakan situasi tiga tim [Indonesia, Vietnam, dan Thailand] sama-sama memiliki koleksi 12 poin di akhir babak penyisihan grup. Bila Thailand gagal mengalahkan Vietnam, Vietnam dipastikan jadi juara grup. 

2. Bila Thailand menang dengan selisih satu gol, Indonesia harus mencetak kemenangan selisih dua gol untuk memastikan lolos langsung sebagai juara grup mengalahkan Vietnam.

Jika kondisi tersebut terjadi, di akhir babak penyisihan, kondisi selisih gol ketiga tim adalah Indonesia +13, Vietnam +12, dan Thailand +11. Indonesia akan jadi juara grup disusul Vietnam sebagai runner up. Thailand bakal tersingkir karena kalah selisih gol.

Indonesia bisa saja jadi juara grup dengan kemenangan selisih satu gol, tetapi dengan syarat jumlah gol Indonesia harus lebih banyak dari Vietnam karena di akhir babak penyisihan selisih gol kedua tim akan sama, yaitu +12.

[Gambas:Video CNN]
3. Bila Thailand menang dengan selisih dua gol, Indonesia harus menang dengan selisih dua gol untuk memastikan lolos langsung sebagai juara grup mengalahkan Thailand.

Jika kondisi tersebut terjadi, Indonesia bakal memiliki selisih gol +13, Thailand +12, dan Vietnam +11. Indonesia juara grup dan Thailand runner up.

Indonesia bisa saja jadi juara grup dengan kemenangan selisih satu gol, tetapi dengan syarat jumlah gol Indonesia harus lebih banyak dari Thailand karena di akhir babak penyisihan selisih gol kedua tim akan sama, yaitu +12.

4. Situasi yang sama akan terus berlaku di jumlah selisih gol kemenangan Thailand atas Vietnam [selisih tiga gol, empat gol, dst]. Indonesia dipastikan bakal jadi juara grup bila menyamai selisih kemenangan tersebut ketika menghadapi Laos. Thailand pun bakal jadi runner up dengan situasi tersebut. (ptr/har)