ANALISIS

Jalan Surga Indonesia di Grup Neraka SEA Games

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Rabu, 04/12/2019 08:27 WIB
Jalan Surga Indonesia di Grup Neraka SEA Games Indonesia kini punya jalan yang lebih mulus menuju babak semifinal usai menang 8-0 atas Brunei. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia masih ada di posisi kedua namun tidur pemain-pemain Indonesia sepertinya bakal lebih nyenyak dibandingkan Vietnam yang masih ada di puncak klasemen grup B SEA Games 2019 dengan nilai sempurna.

Indonesia yang sempat berada di posisi terdesak usai kalah dari Vietnam kini justru berada di atas angin usai laga keempat grup B SEA Games 2019 kelar dipertandingkan.

Di laga hari Selasa (3/12) tersebut, Indonesia meraih kemenangan telak 8-0. Di saat bersamaan, Vietnam hanya unggul 1-0 atas Singapura dan Thailand hanya mampu menang lawan Laos dengan dua gol di pengujung pertandingan.


Perbedaan kemenangan tersebut mengangkat posisi Indonesia di klasemen grup. Indonesia kini punya selisih gol +11 dan duduk di posisi kedua, mengungguli Thailand yang punya selisih gol +10.

Vietnam memang masih di atas angin dengan selisih gol +13 plus nilai sempurna 12 poin, tetapi situasi mereka tidak senyaman Indonesia jelang laga terakhir.

Keberhasilan Indonesia menang telak atas Brunei mengubah nasib Indonesia jelang laga terakhir lawan Laos.Keberhasilan Indonesia menang telak atas Brunei mengubah nasib Indonesia jelang laga terakhir lawan Laos. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Di laga terakhir, Indonesia akan menghadapi Laos yang sudah dipastikan tersingkir dari arena SEA Games sedangkan Vietnam harus menjalani laga hidup-mati melawan Thailand.

Bila menilik posisi klasemen, Thailand jadi negara yang posisinya paling tidak nyaman. Mereka wajib menang dengan selisih dua gol atas Vietnam di laga terakhir. Hasil imbang sudah berarti situasi kritis untuk mereka, meski ada harapan mereka bisa lolos andai Indonesia kalah di tangan Laos.

Vietnam yang ada di puncak klasemen dengan nilai sempurna juga tak akan bisa sepenuhnya nyaman dalam singgasana. Meski bisa lolos dengan kekalahan satu gol, Vietnam harus menghadapi Thailand di laga terakhir yang selama ini dikenal sebagai raja Asia Tenggara.

Walau mereka punya tren bagus di SEA Games 2019, kondisi Vietnam tidak akan setenang Indonesia dalam menghadapi laga terakhir.
[Gambas:Video CNN]
Kesulitan Berujung Pesta Gol

Indonesia berhasil mengakhiri pertandingan dengan kemenangan telak 8-0 atas Brunei. Namun melihat proses di atas lapangan, laga itu tak berjalan mulus sejak awal.

Misi pertama Indonesia untuk bisa mencetak gol cepat bisa dituntaskan dengan baik oleh Osvaldo Haay yang sudah menggetarkan gawang di menit ke-11.

Namun setelah momen itu, Indonesia justru kesulitan mendominasi dan mengontrol permainan. Angin kencang yang berembus jadi salah satu faktor yang membuat Indonesia tak bisa memperagakan permainan yang diinginkan.

Indonesia sempat kesulitan mencetak gol di babak pertama.Indonesia sempat kesulitan mencetak gol di babak pertama. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Pola permainan Indonesia pun sempat monoton karena lebih banyak mengandalkan umpan langsung ke jantung pertahanan. Strategi ini tentu bisa dengan mudah dibaca oleh Brunei yang sudah menempatkan banyak pemain untuk bertahan.

Salah satu titik penting Indonesia di laga ini adalah keberhasilan mencetak dua gol di lima menit akhir babak pertama. Gol dari Egy dan Osvaldo membuat Indonesia bisa lebih rileks di babak kedua.

Alhasil, begitu babak kedua dimulai, Indonesia mampu tancap gas dan mendapatkan lima gol tambahan. Bahkan Indonesia bisa menang lebih banyak karena ada beberapa peluang yang gagal dimaksimalkan jadi gol.

Tambahan delapan gol ini benar-benar mengubah nasib Indonesia dalam perburuan tiket semifinal. Nasib baik bagi Indonesia makin terasa karena Vietnam hanya menang 1-0 lawan Singapura dan Thailand hanya unggul 2-0 atas Laos.

Jalan Surga Indonesia di Grup Neraka SEA Games

Waspada Terhadap Laos

Jelang laga terakhir di babak penyisihan grup, Indonesia berada di posisi terbaik bila dibandingkan Vietnam dan Thailand meski Indonesia masih harus menunggu hasil pertandingan lain untuk bisa jadi juara grup.

Kenyataan itu justru bisa membuat Indonesia cukup fokus untuk memenangkan laga lawan Laos. Kemenangan dengan seisih satu gol sudah menggaransi satu tiket di babak semifinal.

Namun Laos sendiri tidak bisa dipandang sebelah mata. Singapura sulit membongkar pertahanan Laos dan harus puas dengan hasil imbang tanpa gol. Thailand bahkan harus menunggu hingga pengujung pertandingan untuk meraih dua gol kemenangan.

Laos memang sudah tersingkir namun mereka tentu ingin punya cerita hiburan sebelum pulang. Indonesia harus waspada dan memanfaatkan dengan baik jalur surga yang telah tersaji di depan mata pada grup neraka. (jal)