Netizen Anggap Gol Bunuh Diri Bek Persib Jupe Tak Wajar

CNN Indonesia | Rabu, 04/12/2019 10:27 WIB
Netizen Anggap Gol Bunuh Diri Bek Persib Jupe Tak Wajar Achmad Jufriyanto cetak gol bunuh diri lawan Persela. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Netizen bereaksi atas gol bunuh diri Achmad Jufriyanto yang membuat Persib Bandung kalah 0-2 dari Persela Lamongan di Stadion Si Jalak Harupat, Selasa (3/12).

Bahkan karena gol bunuh diri itu nama Jupe, sapaan akrab Achmad Jufriyanto, sempat menjadi tren di jagad Twitter.

Menurut pengguna Twitter, kekalahan Persib dari Persela pada pekan ke-30 Liga 1 2019 itu terlihat tidak wajar. Apalagi gol kedua Persela yang tercipta berkat bunuh diri Achmad Jufriyanto di menit ke-56.


Jupe melakukan gol bunuh diri lantaran salah mengantisipasi tendangan bebas Kei Hirose. Warganet menilai ada yang janggal dalam gol bunuh diri itu.

Pada sejumlah video tayangan ulang pertandingan Persib vs Persela, posisi Jupe tepat berada di mulut gawang Persib. Posisi kepala Jupe saat menyundul bola mengarah ke gawang I Made Wirawan.

Jupe menyundul dalam posisi bebas alias tidak ada tekanan dari pemain Persela yang berada dekat mantan bek Sriwijaya FC itu.

Persib kalah 0-2 dari Persela.Persib kalah 0-2 dari Persela. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)
Gol bunuh diri Jufriyanto tercipta setelah kiper I Made Wirawan gagal menghalau bola tendangan bebas Hirose dengan tinjunya.

Netizen langsung ramai membicarakan gol bunuh diri itu dan kekalahan dari Persela. Beberapa kritik juga muncul di Twitter resmi milik Persib maupun Liga 1 2019 dalam kolom komentarnya.

"Bagus sekali tadi golnya, patut menang Ballon d'Or mengalahkan [Lionel] Messi," ucap Unayy_Joyy.

[Gambas:Video CNN]
Bunuh diri dari Jupe adalah yang kedua beruntun setelah Supardi Nasir ke gawang Bali United di laga sebelumnya yang membuat Serdadu Tridatu menang 3-2.

"Amatiran Supardi Nasir dan Achmad Jufriyanto, kalau kalian disogok ya jangan kelihatan banget," akun @saifan_abd menimpali.

Netizen Soal Gol Bunuh Diri Bek Persib Jupe Lawan Persela
Sebagian pengguna Twitter menyebut kekalahan Persib dari Persela sudah diatur guna menyelamatkan Laskar Joko Tingkir dari degradasi.

"Alah, memang maunya kalah kali ah. Biasa pada Bos bermain buat bantu Persela lolos degradasi, kek [seperti] dahulu pas lawan Perseru," tulis akun @kuswoyo3ri9.



Akun @Dorokdo19986241 menyebut ada indikasi pengaturan skor dalam pertandingan Persib vs Persela.

"Saat juara tidak mungkin didapat, runner-up pun sudah tidak dekat, terpikirlah untuk menolong sahabat. Match fixing dengan sepakat, semua pemain dan staf terlibat, dengan begitu uanglah yang didapat," ucap Dorokdok.



Cuitan sarkasme dilontarkan @imronmagetan yang mengucapkan terima kasih kepada Maung Bandung.

"Terima kasih Persib, tiga poin ini 'membantu' kami Persela agar menjadi dari jurang degradasi," tutur @imronmagetan.

(sry/har)