Hajar Malaysia, Indonesia Pertahankan Emas Beregu Putra

CNN Indonesia | Rabu, 04/12/2019 12:38 WIB
Hajar Malaysia, Indonesia Pertahankan Emas Beregu Putra Anthony Ginting jadi salah satu penyumbang poin Indonesia. (dok. PBSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia meraih medali emas SEA Games 2019 di cabang badminton dari nomor beregu putra usai mengalahkan Malaysia 3-1 di Muntinlupa Sports Complex, Rabu (4/12).

Torehan tersebut membuat Indonesia mempertahankan emas SEA Games dari nomor beregu putra.

Indonesia membuka keunggulan 1-0 atas Malaysia lewat tunggal putra Jonatan Christie yang menang 21-19 dan 21-17 atas Lee Zii Jia.


Jonatan yang tampil di pertandingan pertama tanpa kesulitan melawan Lee. Pengembalian servis dari Lee yang tidak menyangkut di net membuat Jonatan memenangi gim pertama dengan skor 21-9.

Sempat mendapat perlawanan ketat dari Lee di gim kedua, Jonatan akhirnya bisa menang dengan skor 21-17 usai atlet badminton Malaysia itu gagal mengembalikan bola dengan baik lantaran menyangkut di net.

Ade/Wahyu jadi penentu kemenangan Indonesia atas Malaysia.Ade/Wahyu jadi penentu kemenangan Indonesia atas Malaysia. (Adhi Wicaksono)
Jalan mulus Jonatan tidak berlaku di pertandingan kedua setelah ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kalah 17-21 dan 13-21 dari Aaron Chia Teng Fong/Soh Wooi Yik.

Fajar/Rian kesulitan melawan Chia/Soh. Permainan cepat Chia/Soh membuat Fajar/Rian kalah 17-21 di gim pertama.

[Gambas:Video CNN]
Chia/Soh punya pertahanan yang rapi dan kuat. Fajar/Rian tampak kesulitan meladeni Chia/Soh di gim kedua dan kembali menyerah 13-21. Skor Indonesia vs Malaysia 1-1.

Indonesia kembali unggul 2-1 lewat perjuangan keras tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting di pertandingan ketiga.

Indonesia Pertahankan Emas SEA Games Beregu Putra
Ginting kalah di gim pertama 13-21, tapi kemudian bangkit di gim kedua dengan menang 21-15. Kesalahan Soong dalam melakukan servis menambah poin bagi Ginting sekaligus menutup gim ketiga dengan kemenangan 21-18.

Kemenangan Indonesia atas Malaysia di nomor beregu putra ditentukan Wahyu Nayaka/Ade Yusuf yang mengalahkan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi di tunggal putra kedua.

Di gim pertama Wahyu/Ade menang 21-16. Drop shot Ade Yusuf ke sisi tengah yang tidak bisa dikembalikan Ong/Yeo membuat Indonesia menutup gim kedua dengan kemenangan 21-19 sekaligus meraih emas beregu putra.

Prestasi ini membuat Indonesia mempertahankan emas beregu putra SEA Games setelah pada 2017 Indonesia juga mengalahkan Malaysia. (sry/har)