Trio Lini Depan Indonesia Bakal Teror Pertahanan Laos

CNN Indonesia | Kamis, 05/12/2019 11:24 WIB
Trio Lini Depan Indonesia Bakal Teror Pertahanan Laos Penyerang Timnas Indonesia U-23 Osvaldo Haay jadi salah satu ancaman bagi pertahanan Laos. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia U-23 akan bertumpu pada tiga pemain depan mereka untuk melapangkan jalan ke semifinal saat bersua Laos pada laga terakhir Grup B SEA Games 2019 di Imus Grandstand, Imus, Kamis (5/12).

Lini depan skuat Indra Sjafri terbilang tajam dari empat laga yang sudah dilalui. Dari 13 gol yang tercipta, sembilan di antaranya tercipta berkat kontribusi pemain depan.

Osvaldo Haay jadi pemain depan Timnas Indonesia U-23 yang paling produktif. Pemain Persebaya Surabaya itu sudah mengemas lima gol dari empat laga.


Tiga dari lima gol Osvaldo diceploskan ke gawang Brunei Darussalam saat menang 8-0. Sedangkan dua gol lainnya tercipta ke gawang Thailand dan Singapura.

Trio Lini Depan Indonesia Bakal Teror Pertahanan LaosEgy Maulana Vikri dan Osvaldo Haay jadi pemain paling produktif di Timnas Indonesia U-23. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Di bawah Osvaldo terdapat nama Egy Maulana Vikri. Pemain yang memperkuat klub Polandia, Lechia Gdansk itu telah menyumbang tiga gol untuk tim Garuda Muda.

Egy membuka keran gol di SEA Games 2019 saat Timnas Indonesia U-23 menang 2-0 atas Thailand, 26 November lalu. Pemain 19 tahun itu berbagi panggung dengan Osvaldo yang sama-sama mencetak satu gol.

Torehan gol Egy macet di dua laga berikutnya saat mengalahkan Singapura 2-0 dan takluk 1-2 dari Vietnam. Pemain yang sempat menimba ilmu di Diklat Ragunan itu baru kembali mencetak gol saat Timnas Indonesia U-23 menghajar Brunei 8-0.

[Gambas:Video CNN]

Egy berhasil mencetak dua gol di laga tersebut. Tambahan dua gol itu membuatnya telah mengoleksi tiga gol.

Pemain terakhir di lini depan Timnas Indonesia U-23 yang bakal jadi ancaman pertahanan Laos adalah Saddil Ramdani. Mantan pemain Pahang FA itu memang baru mencetak satu gol tetapi kontribusi Saddil di lini depan sangat nyata.

Trio Lini Depan Indonesia Bakal Teror Pertahanan Laos
Mantan pemain Persela Lamongan kerap menebar ancaman dengan kecepatan dan keberaniannya melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Saddil sendiri mencetak gol perdana di SEA Games saat mengalahkan Brunei.

Selain trio lini depan tersebut, Timnas Indonesia U-23 juga masih punya Muhammad Rafli, Feby Eka Putra, dan Irkham Mila di bangku cadangan. Ketiga pemain bisa jadi alternatif lain untuk membongkar pertahanan Laos yang cenderung rapuh.

Dari empat laga yang sudah dijalani, gawang Laos sudah kebobolan delapan gol sehingga jadi tim kedua dengan pertahanan terburuk setelah Brunei yang kebobolan 24 gol.

Timnas Indonesia U-23 yang saat ini menempati posisi kedua klasemen dengan sembilan poin wajib menang untuk lolos ke semifinal. Jika hal itu bisa dilakukan, Osvaldo dkk tidak perlu mengkhawatirkan hasil laga Vietnam vs Thailand. (jal/sry)