Balap Sepeda Tambah Emas Indonesia di SEA Games 2019

CNN Indonesia | Kamis, 05/12/2019 14:18 WIB
Balap Sepeda Tambah Emas Indonesia di SEA Games 2019 Aiman Cahyadi raih emas dari nomor nomor time trial individual putra. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cabang olahraga balap sepeda menambah perolehan medali emas untuk kontingen Indonesia di SEA Games 2019 lewat Aiman Cahyadi dari nomor time trial individual putra di Praying Hands Monumen, Tagaytay, Kamis (5/12).

Aiman jadi pemenang setelah memiliki waktu tempuh 58 menit 37,003 detik. Catatan itu mengalahkan pebalap dari Thailand Thanakhan Chaiyasombat (59 menit 20.535 detik) yang berhak atas medali perak dan Choon Huat Goh dari Singapura (1 jam 14,593 detik) dengan medali perunggu.

Medali emas dari Aiman merupakan yang pertama persembahan cabor balap sepeda di pesta olahraga ASEAN edisi ke-30 ini.


Dalam perolehan medali kontingen Indonesia, balap sepeda sudah menyumbangkan satu perak lewat Tiara Prastika dari nomor downhill sepeda gunung putri dan perunggu dari Andy Prayoga dari downhill sepeda gunung putra.

[Gambas:Video CNN]
Pada hari ini, kontingen Indonesia sudah meraih enam medali emas dari total 12 medali. Enam medali lain terdiri dari tiga perak dan tiga perunggu.

Lima medali emas sebelum Aiman diperoleh Fafan Khoirul Anwar (menembak), Suci Wulandari (pencak silat), Vidya Rafika Toyyiba/Fathur Gustafian (menembak), Dea Salsabila Putri (modern pentathlon), dan Muhammad Taufik (moderen pentathlon).

Bersepeda Tambah Emas untuk Indonesia di SEA Games 2019
Total sampai dengan hari kelima SEA Games 2019, Tim Merah Putih mengoleksi 84 medali yang tersebar ke dalam 23 emas, 30 perak, dan 31 perunggu.

Dengan torehan 84 medali yang 23 di antaranya emas, kontingen Indonesia untuk sementara berada di peringkat ketiga tabel klasemen medali mengungguli Malaysia yang ada di posisi keempat dengan koleksi 57 medali, sebanyak 22 di antaranya emas. (sry/jal)