SEA Games 2019: Timnas Indonesia Ganas di 30 Menit Terakhir

CNN Indonesia | Jumat, 06/12/2019 20:24 WIB
SEA Games 2019: Timnas Indonesia Ganas di 30 Menit Terakhir Timnas Indonesia rajin mencetak gol di 30 menit terakhir pertandingan. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia punya statistik bagus karena bisa mencetak sembilan gol pada 30 menit terakhir laga di fase grup SEA Games 2019.

Skuat asuhan Indra Sjafri sejauh ini sangat produktif dengan mencetak 17 gol dari lima pertandingan. Jumlah gol ini sama dengan yang dicetak oleh Vietnam.

Menariknya sembilan dari 17 gol Timnas Indonesia tercipta saat laga tersisa 30 menit. Penyerang Osvaldo Haay jadi pemain yang paling produktif di periode tersebut.


Pemain Persebaya Surabaya itu mencetak empat dari tujuh gol di penyisihan grup saat pertandingan telah berlangsung selama 60 menit. Sedangkan lima gol lain dicetak oleh Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam, Witan Sulaiman, Andy Setyo, dan Bagas Adi Nugroho.

SEA Games 2019: Timnas Indonesia Ganas di 30 Menit TerakhirTimnas Indonesia berhasil mencetak 17 gol di penyisihan grup. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Produktivitas gol Timnas Indonesia di 30 menit terakhir jauh lebih tinggi ketimbang dua periode lain. Osvaldo dkk hanya mencetak empat gol dari menit pertama hingga menit ke-30.

Jumlah gol yang sama dicetak para pemain Timnas Indonesia saat pertandingan berlangsung dari menit ke-31 hingga 60.

[Gambas:Video CNN]
Osvaldo kembali paling produktif di periode ini dengan mengoleksi dua gol. Dua gol lainnya tercipta melalui kaki Egy dan Saddil Ramdani.
SEA Games 2019: Timnas Indonesia Ganas di 30 Menit Terakhir
Di sisi lain lawan Timnas Indonesia di semifinal, Myanmar tidak begitu produktif karena hanya mencetak delapan gol dan kebobolan empat gol. Tim asuhan Velizar Popov tak pernah menorehkan clean sheet karena selalu kebobolan dalam empat laga Grup A.

Gawang tim berjuluk Macan Asia dibobol bergantian oleh Malaysia, Filipina, Timor Leste, dan Kamboja. Empat gol dari tim-tim lawan selalu tercipta di babak pertama.

Statistik Myanmar ini bisa jadi celah buat Timnas Indonesia saat kedua tim bertemu pada Sabtu (7/12) mendatang. Meskipun memang tim Garuda paling tajam pada 30 menit terakhir pertandingan. (jal/nva)