Indonesia dan Myanmar Imbang 2-2 di Waktu Normal

CNN Indonesia | Sabtu, 07/12/2019 16:56 WIB
Timnas Indonesia U-23 dan Myanmar bermain imbang 2-2 dalam waktu normal pada babak semifinal SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Sabtu (7/12) sore. Timnas Indonesia gagal mengamankan keunggulan dua gol. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia U-23 dan Myanmar bermain imbang 2-2 dalam waktu normal pada babak semifinal SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Sabtu (7/12) sore.

Laga babak pertama Indonesia vs Myanmar berlangsung cukup ketat. Cukup lama kedua kesebelasan bermain di tengah tanpa menghasilkan peluang.

Kans pertama pada laga ini terjadi pada menit ke-12 melalui sepakan kaki kiri Evan Dimas yang masih dapat ditangkap dengan baik oleh Sann Sat Naing.


Myanmar berupaya lebih sering bermain dengan bola. Namun justru Indonesia yang memiliki peluang melalui sundulan Osvaldo Haay pada menit ke-18. Skor tak berubah, bola masih melebar dari sasaran.

Menit ke-23 peluang lain bagi Indonesia terbuang percuma karena umpan cut back Saddil Ramdani mampu disapu pemain bertahan Myanmar.

Indonesia dan Myanmar Imbang 2-2 di Waktu NormalEvan Dimas mencetak gol pertama Indonesia ke gawang Myanmar. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Serangan Indonesia melalui sisi sayap kembali tak membuahkan hasil. Umpan Osvaldo masih mampu diamankan Sat Naing. Tendangan mantan pemain Persipura Jayapura itu pada menit ke-39 juga masih mampu digapai Sat Naing.

Osvaldo juga kembali gagal menuntaskan peluang pada pengujung babak pertama.

Pada awal babak kedua top skor Indonesia tersebut berupaya menyepak bola setelah mendapat umpan terobosan dari Egy Maulana Vikri, namun Sat Naing masih mampu membaca arah bola.

Indonesia dan Myanmar Imbang 2-2 di Waktu NormalWin Naing Tun (kiri) membobol gawang Nadeo Arga Winata. (AP Photo/Aaron Favila)
Pada menit ke-53 giliran Myanmar yang memiliki kesempatan emas. Myat Khaung melepas tendangan dari luar kotak penalti, bola masih membentur tiang.

Lima menit berselang, kerja sama Asnawi Mangkualam Bahar dan Egy di sisi kanan berhasil dituntaskan Evan Dimas dari jarak dekat. Evan mencetak gol pertama di SEA Games 2019, Indonesia memimpin 1-0.

Memasuki menit ke-64, Saddil meliuk melewati lawan dari sisi kiri. Egy menanduk bola dengan lemah dan tidak menyulitkan Sat Naing mengamankan gawang.

[Gambas:Video CNN]
Pelanggaran kepada Saddil menghasilkan tendangan bebas. Bagas Adi Nugroho melepaskan tendangan yang dimanfaatkan dengan baik oleh Egy dengan sundulan. Indonesia memimpin 2-0.

Umpan satu dua Egy dan Saddil menghadirkan ancaman di daerah pertahanan Myanmar, penyelesaian pemain Lechia Gdansk itu masih belum menemui sasaran.

Myanmar kemudian menyamakan kedudukan setelah memanfaatkan kecerobohan pemain-pemain Indonesia. Menit ke-79 kesalahan Zulfiandi kemudian membuat situasi berbahaya di lini pertahanan dan berbuntut pada gol Aung Kaung Mann.

Indonesia dan Myanmar Imbang 2-2 di Waktu Normal

Semenit berselang giliran Win Naing Tun memanfaatkan blunder Nadeo Arga Winata yang tak mampu menangkap bola dengan baik.

Setelah skor imbang 2-2 pertandingan berjalan sengit. Kedua kesebelasan saling berbalas serangan dan menghasilkan peluang namun tidak ada gol tercipta. Pertandingan pun berlanjut ke babak tambahan.


Susunan pemain Timnas Indonesia: Nadeo Arga Winata; Asnawi Mangkualam, Andy Setyo, Bagas Adi, Firza Andika; Zulfiandi, Evan Dimas, Saddil Ramdani; Osvaldo Haay, Egy Maulana Vikri, Muhammad Rafli.

Susunan pemain Timnas Myanmar: Sann Sat Naing; Win Moe Kyaw, Ye Min Thu, Ye Yint Aung, Aung Wunna Soe; Hlaing Bo Bo, Aung Naing Win; Lwin Moe Aung, Myat Kaung Kaung Khant, Htet Pyoe Wai; Nay Moe Naing. (nva/har)