Joshua Rebut Kembail Gelar Juara Dunia Kelas Berat dari Ruiz

CNN Indonesia | Minggu, 08/12/2019 06:25 WIB
Joshua Rebut Kembail Gelar Juara Dunia Kelas Berat dari Ruiz Anthony Joshua rebut kembali gelar juara dunia kelas berat. (AP Photo/Hassan Ammar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anthony Joshua berhasil merebut kembali gelar juara dunia kelas berat setelah menang angka mutlak dari Andy Ruiz Jr dalam pertarungan 12 ronde di Riyadh, Arab Saudi, Minggu (2/12) dini hari WIB.

Ketiga hakim memberikan kemenangan mutlak kepada Joshua dengan angka 118-110, 118-110, dan 119-109. Ini merupakan kemenangan balasan dari Joshua yang kalah TKO pada ronde 7 dari Ruiz di New York pada 1 Juni 2019.

Dengan demikian, Joshua kembali menyandang gelar juara dunia kelas berat WBA, WBO, dan IBF.


Dalam duel yang digelar di Diriyah Arena, Joshua tampil disiplin dan tidak mengulangi kesalahannya di pertarungan pertama. Ia mengandalkan kelincahan kaki dan sukses menjaga jarak.

[Gambas:Video CNN]
Sementara Ruiz sulit melepaskan pukulan tepat sasaran karena kalah jangkauan dan jarang mendapat celah. Setelah duel, keduanya berpelukan di atas ring dan berbincang santai.

"Saya tidak membuat banyak alasan. Saya memang sudah terbiasa menjatuhkan banyak lawan. Tapi, saya berkata pada diri sendiri untuk memperbaiki diri," kata Joshua seperti dikutip Telegraph.

Joshua Rebut Kembail Gelar Juara Dunia Kelas Berat dari Ruiz
"Hal terbaik dalam dalam olahraga ini adalah memukul dan tidak terkena pukulan. Saya merasa lapar tapi tetap tampil rendah hati. Terima kasih kepada Ruiz dan keluarganya."

Ruiz kemudian meraih mik dari Joshua dan memberikan sinyal duel jilid tiga. "Siapa yang ingin melihat pertarungan ketiga?" Joshua kemudian menjawab, "Jika Anda sudah mendengarnya maka Anda akan menyaksikan duel ketiga."

Hasil ini membuat rekor kemenangan Anthony Joshua 23-1-0 (21 KO). Sementara Ruiz tercatat dua kali menelan kekalahan, 33-2-0 (22 KO). (jun/jun)