Demi Hadapi Indonesia, Vietnam Simpan Tenaga Lawan Kamboja

CNN Indonesia | Minggu, 08/12/2019 16:10 WIB
Demi Hadapi Indonesia, Vietnam Simpan Tenaga Lawan Kamboja Ilustrasi Vietnam. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Vietnam menyimpan tenaga saat melawan Kamboja di babak semifinal demi menghadapi Timnas Indonesia U-23 di laga final SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Selasa (10/12).

Di babak semifinal Kamboja menang 4-0. Vietnam vs Kamboja sendiri digelar pukul 19.00 WIB usai laga Indonesia vs Myanmar yang digelar pukul 15.00 WIB.

Dalam pertandingan melawan Kamboja, Golden Star tidak memainkan sejumlah pemain pilar, seperti bek Ho Tan Tai serta dua gelandang Nguyen Quang Hai dan Trie Viet Hung.


Di fase grup, pemain belakang Ho Tan Tai kerap dimainkan pelatih Park Hang-seo di pertandingan-pertandingan penting. Mulai dari laga pertama melawan Brunei Darussalam, melawan Laos, menghadapi Indonesia di laga ketiga, dan laga melawan Thailand di partai penentuan.

Tetapi, di babak semifinal saat bersua Kamboja pelatih Hang-seo memilih mengistirahatkan Tan Tai dan menggantinya dengan Nguyen Duc Chien.

Selain bek Tan Tai, Vietnam juga kehilangan kapten sekaligus gelandang andalan Nguyen Quang Hai.

Timnas Indonesia U-23 hadapi Vietnam di final SEA Games 2019.Timnas Indonesia U-23 hadapi Vietnam di final SEA Games 2019. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Quang Hai cedera hamstring di paha kiri saat melawan Singapura dan harus absen hingga SEA Games 2019 selesai.

Nama lain yang disimpan tim pelatih Vietnam saat melawan Kamboja adalah gelandang Viet Hung.

[Gambas:Video CNN]
Viet Hung merupakan gelandang yang selalu dimainkan sebagai starter dalam empat pertandingan di babak grup. Pemain bernomor punggung 7 itu hanya jadi cadangan ketika Vietnam jumpa Indonesia.

Kekuatan Vietnam yang hanya separuh saat melawan Kamboja juga diungkapkan salah satu striker mereka, Nguyen Tien Linh.

Demi Hadapi Indonesia, Vietnam Simpan Tenaga Lawan Kamboja
"Sebenarnya kekuatan fisik tim belum pulih 100 persen. Namun, kami berhasil menang dengan mudah sehingga kami bisa menyimpan banyak energi untuk final," ujar Tien Linh usai Vietnam menang 4-0 atas Kamboja dikutip dari Bongdaplus.

"Saya percaya seluruh tim akan mendapatkan kondisi terbaik untuk pertandingan terakhir," ucap Tien Linh menambahkan.

Meski menang 2-1 di babak grup, Tien Linh tetap menganggap Timnas Indonesia U-23 sebagai lawan tangguh di final SEA Games 2019.

"Indonesia adalah lawan yang tangguh. Kami akan duduk dan mengevaluasi secara objektif, menganalisis lawan ini. Ini pasti akan menjadi pertandingan yang harus ditonton," striker 22 tahun itu menuturkan. (sry/jal)