Catur Rebut Emas ke-65 Indonesia di SEA Games 2019

CNN Indonesia | Minggu, 08/12/2019 17:00 WIB
Cabang olahraga catur meraih dua medali emas sehingga kontingen Indonesia kini telah membukukan emas ke-65 di SEA Games 2019, Minggu (8/12). Ilustrasi foto catur. (morgueFile/mconnors)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cabang olahraga catur meraih dua medali emas sehingga kontingen Indonesia kini telah membukukan emas ke-65 di SEA Games 2019, Minggu (8/12).

Dua emas tersebut dipersembahkan oleh Susanto Megaranto dan Medina Aulia dari nomor catur cepat. Dari tujuh pertandingan di nomor catur cepat putra, Susanto mengemas empat kemenangan dan tiga hasil imbang.

Medali perak dari cabor ini diraih pecatur Vietnam, Le Quang Liem. Begitu pula dengan medali perunggu yang direbut wakil dari Negeri Paman Ho lewat Le Tuan Minh.


Keberhasilan Susanto berhasil diikuti Medina yang tampil nomor catur cepat putri. Pecatur berusia 22 itu meraih enam kemenangan dan tiga hasil imbang dari sembilan pertandingan.

Pecatur Indonesia lainnya Chelsea Sihite sukses mengamankan medali perak di nomor ini. Sementara medali perunggu diraih pecatur Vietnam, Hoang Thi Bao Tram.

[Gambas:Video CNN]
Dua medali emas dari cabor catur membuat kontingen Indonesia telah mengoleksi 14 medali emas pada hari kedelapan SEA Games 2019 ini. Tambahan 14 medali emas ini menjadikan Indonesia telah mengemas 65 emas dan kukuh di posisi kedua klasemen.

Di luar medali emas, Indonesia telah mengemas 59 medali perak dan 74 medali perunggu hingga pukul 16.30 WIB. Posisi pertama masih ditempati Filipina dengan 94 emas, 74 perak, dan 82 perunggu.

Cabor dayung jadi penyumbang medali emas terbanyak hari ini dengan torehan lima medali emas. Selancar, panahan, catur bisa meraih dua medali emas.

Sementara itu, boling, menembak, dan ski air memberikan masing-masing satu medali emas pada Minggu. (jal/sry)