Selamatkan Atlet Indonesia, Peselancar Filipina Dipuji Jokowi

CNN Indonesia | Senin, 09/12/2019 09:12 WIB
Selamatkan Atlet Indonesia, Peselancar Filipina Dipuji Jokowi Ilustrasi selancar. (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pujian pada Roger Casugay yang menolong atlet Indonesia, Arip Nurhidayat di SEA Games 2019.

Melalui media sosial twitter miliknya, Jokowi memuji aksi heroik yang dilakukan oleh Casugay pada Jumat (6/12).

"Memenangkan kompetisi dan menjunjung sportivitas itu penting, tapi kemanusiaan di atas segalanya."


"Apresiasi saya untuk Roger Casugay, peselancar Filipina yang melepas kesempatan meraih emas demi menolong atlet Indonesia yang terjatuh dalam lomba. Salam hormat dari Indonesia," tulis Jokowi.

Arip dan Casugay tengah bersaing ketat pada nomor longboard saat tali kekang yang dikenakan Arip lepas sehingga ia tersapu ombak.

Casugay yang melihat insiden itu langsung menyelamatkan Arip dari ancaman tenggelam karena sapuan ombak.
[Gambas:Video CNN]
Peristiwa itu diunggah oleh akun resmi SEA Games 2019 pada Jumat. CdM Indonesia Harry Warganegara sendiri sempat menyatakan ada miskomunikasi yang membuat juri salah menangkap sinyal tangan Arip saat tali kekangnya putus.

"Waktu Arip mau paddle ke tengah datang ombak besar yang berakibat talinya putus. Arip berenang ke tengah menghindari impact zone dan memberi sinyal jempol ke juri sambil sambil menunggu caddy membawa papan cadangan."
Selamatkan Atlet Indonesia, Peselancar Filipina Dipuji Jokowi
"Namun sinyal Arip disalahartikan sebagai distress call sehingga juri menginstruksikan agar Roger Casugay untuk mendayung ke arah Arip, yang membuat pertandingan dihentikan dan menyuruh mereka berdua balik ke pantai dengan papannya Roger," ucap Harry. (ptr/ptr)