Kiper Vietnam Sering Blunder di SEA Games 2019

CNN Indonesia | Senin, 09/12/2019 15:37 WIB
Vietnam memang baru kebobolan empat gol di SEA Games 2019 namun kiper mereka sering melakukan blunder di turnamen ini. Kiper Vietnam sering melakukan blunder di SEA Games 2019. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Vietnam memang baru kebobolan empat gol di SEA Games 2019 namun kiper mereka sering melakukan blunder di ajang ini.

Blunder pertama yang jelas jadi kesalahan kiper Vietnam adalah pada laga lawan Indonesia di babak penyisihan. Saat itu, Bui Tien Dung gagal mengantisipasi umpan silang dengan baik.

Bola lepas dari penguasaan Bui Tien Dung dan akhirnya bola disundul oleh Sani Rizki yang sukses memanfaatkan kelengahan tersebut.


Di laga lawan Thailand, Vietnam nyaris tersingkir dari SEA Games berkat blunder yang dilakukan kiper mereka, Nguyen van Toan.

Vietnam kebobolan empat gol dalam perjalanan menuju final.Vietnam kebobolan empat gol dalam perjalanan menuju final. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Van Toan melakukan kesalahan fatal dalam proses gol yang dicetak oleh Supachai Jaided.

Van Toan yang menguasai bola secara penuh malah menendang bola ke arah Supachai. Bola pantulan tersebut masuk ke dalam gawang.

Dalam proses gol kedua, Van Toan juga melakukan kesalahan dalam antisipasi duel satu lawan satu melawan Suphanat Mueanta. Van Toan memutuskan maju ke depan dan gagal menyapu bola.

[Gambas:Video CNN]
Dua kesalahan itu membuat Vietnam tertinggal 0-2 di 10 menit awal pertandingan. Vietnam akhirnya bisa keluar dari situasi sulit itu setelah Nguyen Tien Linh mencetak dua gol penyama kedudukan.

Van Toan sendiri adalah kiper yang dimainkan pada laga lawan Laos. Di laga tersebut, Van Toan kebobolan satu gol lewat gol sundulan Kaharan Phetsivilay yang sejatinya tepat mengarah padanya.

Kiper Vietnam Sering Blunder di SEA Games 2019
Meski melakukan kesalahan fatal lawan Vietnam, Van Toan tetap dipercaya turun dalam duel lawan Kamboja di babak semifinal. Pada laga itu, Van Toan mampu menjaga gawang Vietnam tak kebobolan. (ptr)