Peluang Catatan Terbaik Indonesia Sejak SEA Games 2001

CNN Indonesia | Senin, 09/12/2019 14:25 WIB
Peluang Catatan Terbaik Indonesia Sejak SEA Games 2001 Indonesia berpeluang menyamai catatan terbaik di SEA Games 2001. (AFP PHOTO / ADEK BERRY)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia berpeluang menciptakan catatan terbaik SEA Games 2001 dalam hal perolehan medali emas SEA Games 2019 di Filipina.

Catatan terbaik itu saat Indonesia berstatus kontestan di luar negeri. Pada SEA Games 2001 di Kuala Lumpur Malaysia, Indonesia meraih 72 emas dan berada di peringkat ketiga.

Itu merupakan catatan tertinggi karena sejak berstatus tamu, Indonesia tak mampu tembus 72 emas SEA Games.


Di SEA Games 2019, Merah Putih saat ini sudah mengoleksi 68 keping medali emas. Dengan demikian, hanya empat keping lagi bagi kontingen Indonesia menyamakan catatan terbaik SEA Games 2001 berstatus sebagai tamu.

Peluang Catatan Terbaik Indonesia Sejak SEA Games 2001Praveen/Melati menyumbang medali emas ke-72 Indonesia di SEA Games 2019.  (Dok. PBSI)
Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia di SEA Games 2019 Filipina, Harry Warganegara menyebut ada sekitar 20 medali emas yang masih bisa diraih Tim Merah Putih di sisa waktu terakhir gelaran, Selasa (10/1).

Harry mengatakan sedikitnya ada 13 cabang olahraga (cabor) yang masih berpeluang menyumbangkan medali.
Cabor akuatik dari nomor renang perairan terbuka juga masih bisa menyumbang satu emas. Atletik juga diperkirakan masih bisa meraih tambahan tiga medali emas.

Dari cabang panahan, satu medali emas masih diharapkan bisa diraih. Balap sepeda juga masih ada dua medali emas yang belum diraih dari tiga target yang diprediksi.

Cabor e-sport, karate, tinju, soft tenis, voli indoor juga masing-masing menyisakan satu medali emas untuk diperebutkan. Masih ada dua target medali yang diprediksi dari taekwondo.

[Gambas:Video CNN]
Satu tambahan emas yang diprediksi juga datang dari cabor sepak bola di mana Timnas Indonesia bakal menghadapi Vietnam dalam perebutan di final, Selasa (10/12).

"Bismillah antara 72-77 medali emas masih bisa kita raih sampai hari terakhir," kata Harry kepada CNNIndonesia.com, Senin (9/12).

Lewat perolehan 68 medali emas yang diraih Kontingen Indonesia sampai Senin (9/12) pukul 13.00 waktu Manila, Indonesia sudah melewati pencapaian 64 emas di SEA Games 2013.

Peluang Catatan Terbaik Indonesia Sejak SEA Games 2001
Jika perolehan medali emas Indonesia mampu mencapai 72 emas artinya sudah menyamai raihan di SEA Games 2001. Bila Indonesia mencapai 77 emas, hal itu menyamai raihan SEA Games 1995 di Chiang Mai, Thailand.

Bahkan jika masih ada kejutan-kejutan dari cabor-cabor yang masih bertanding sampai akhir, Indonesia bisa mengulang rekor di SEA Games 1991 di Filipina dengan tembus 92 emas.

"Satu-satu dulu kita capainya. Semoga bisa memenuhi target yang diinginkan pemerintah dan Presiden Joko Widodo [menempati posisi kedua di klasemen akhir]," ungkap Harry.

Menanggapi peluang untuk bisa mencapai jumlah 72 medali emas di SEA Games 2019 seperti yang diraih pada SEA Games 2001 di Kuala Lumpur, Malaysia, Menpora Zainudin Amali enggan banyak berharap.

"Saya belum bisa bicara itu sekarang. Kami harus berkoordinasi lebih dulu soal peluang ini dengan NOC [Nationa Olympic Committee], KONI dan CdM serta cabor-cabor. Kami mohon doa dari seluruh masyarakat Indonesia," ujarnya. (TTF/bac)