5 Duel Pemain Kunci Indonesia vs Vietnam di Final SEA Games

CNN Indonesia | Selasa, 10/12/2019 08:41 WIB
5 Duel Pemain Kunci Indonesia vs Vietnam di Final SEA Games Osvaldo Haay (kanan) jadi salah satu pemain kunci Indonesia vs Vietnam. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah duel pemain kunci bakal tersaji di pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Vietnam dalam final SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Selasa (10/12).

Masing-masing dari pemain ini memiliki peran khusus di setiap posisi. Pertempuran pemain-pemain penting ini juga diprediksi bisa menentukan nasib kedua tim pada akhir pertandingan nanti.

Laga Timnas Indonesia U-23 vs Vietnam di final merupakan duel kedua bagi kedua tim di SEA Games 2019 usai bertemu di babak grup, di mana Garuda Muda kalah 1-2.


Dalam pertandingan nanti Indonesia bertekad mengulang sukses di SEA Games 1991 dengan meraih medali emas. Sedangkan Thailand ingin meraih emas sepak bola pertama sejak 1959, kalai itu Vietnam juara dengan nama Vietnam Selatan.

Berikut 5 Duel Pemain Kunci Indonesia vs Vietnam di Final SEA Games 2019:

1. Nadeo Argawinata vs Nguyen Van Toan
Sejauh ini Nadeo memiliki performa menawan di bawah mistar Indonesia dengan penyelamatan-penyelamatan gemilangnya. Salah satu keunggulan Nadeo adalah mementahkan peluang pemain lawan dari luar kotak penalti.

Nadeo Argawinata jadi tumpuan Indonesia di bawah mistar.Nadeo Argawinata jadi tumpuan Indonesia di bawah mistar. (CNN Indonesia/ Titi Fajriyah)
Sedangkan Vietnam punya dua kiper dengan kualitas seimbang yang kerap dirotasi. Tetapi, Nguyen Van Toan punya kesempatan tampil lebih banyak. Duel Nadeo vs Van Toan di bawah mistar masing-masing timnas bakal menarik.

2. Bagas Adi Nugroho vs Ha Duc Chinh
Duel lain yang patut disimak adalah antara Bagas Ady dengan striker Ha Duc Chinh. Peran Bagas di posisi bek tengah nyaris tak tergantikan, sedangkan Duc Chinh merupakan top skor skuat Golden Star.

[Gambas:Video CNN]
3. Zulfiandi vs Do Hung Dung
Zulfiandi adalah penyeimbang antara serangan dan bertahan Garuda Muda. Gelandang Madura United itu juga punya umpan jauh yang bisa diandalkan pelatih Indra Sjafri.

Meski demikian, tugas lain Zulfiandi adalah meredam pergerakan Hung Dung yang dikenal sebagai pemain serbabisa. Selain memiliki performa stabil dan unggul dalam fisik, Hung Dung juga bisa mencetak gol.

Egy Maulana Vikri berpotensi jadi senjata rahasia Indonesia vs Vietnam.Egy Maulana Vikri berpotensi jadi senjata rahasia Indonesia vs Vietnam. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
4. Egy Maulana Vikri vs Ho Tan Tai
Egy Maulana bisa bertemu dengan Tan Tai di SEA Games 2019 untuk kali kedua pada pertandingan nanti. Di fase grup, Tan Tai sukses membatasi ruang gerak Egy.

Striker Lechia Gdansk itu perlu lebih gesit dan jeli dalam mencari ruang dan lebih banyak bergerak guna menghindari penjagaan Tan Tai. Saat lepas dari kawalan Tan Tai, Egy hanya perlu lebih cermat menggunakan kualitasnya baik dalam dribel, melewati lawan untuk memberikan keunggulan bagi Indonesia.

Duel 5 Pemain Kunci Indonesia vs Vietnam di Final SEA Games

5. Osvaldo Haay vs Doan Van Hau
Cederanya M Rafli Mursalim membuat Osvaldo menjelma sebagai andalan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games. Pemain Persebaya Surabaya itu kini mengoleksi delapan gol sekaligus jadi top skor Garuda Muda.

Sebagai penyerang tengah, Osvaldo akan menghadapi pertahanan Van Hau yang tidak pernah digantikan pemain lain saat menjadi starter. (sry/ptr)