Menpora Prediksi Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam 1-0

TTF, CNN Indonesia | Senin, 09/12/2019 20:33 WIB
Menpora Zainudin Amali memprediksi Timnas Indonesia bisa meraih kemenangan minimal 1-0 atas Vietnam sehingga bisa membawa pulang medali emas SEA Games 2019. Menpora RI Zainudin Amali memprediksi Timnas Indonesia menang 1-0 atas Vietnam. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memprediksi Timnas Indonesia bisa meraih kemenangan minimal 1-0 atas Vietnam sehingga bisa membawa pulang medali emas SEA Games 2019 di Filipina.

Indonesia sangat mengharapkan medali emas cabor sepak bola di SEA Games yang terakhir kali diraih pada 1991 atau 28 tahun yang lalu. Kesempatan emas di SEA Games 2019 bisa jadi harapan besar untuk bisa mengulang kejayaan sepak bola Indonesia di kancah Asia Tenggara.


"Susah saya kalau diminta meramal. Harapannya yang penting menang lawan Vietnam dan Timnas Indoneaia bisa dapat emas. Prediksinya, minimal menang 1-0," kata Zainudin melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Senin (9/12).


Medali emas dari sepak bola di SEA Games kali ini, lanjut Zainudin, diharapkan bisa mengakhiri dahaga prestasi sepak bola Indonesia yang belakangan sangat sulit diraih. Ia juga berharap Indra Sjafri sebagai pelatih bisa mengevaluasi kekalahan 1-2 dari Vietnam di fase grup.

Zainudin Amali yakin Timnas Indonesia bisa membawa pulang medali emas SEA Games 2019. (Zainudin Amali yakin Timnas Indonesia bisa membawa pulang medali emas SEA Games 2019. (CNN Indonesia/ Bisma Septalisma)
Menpora yang saat ini sudah berada di Manila, Filipina, menambahkan bahwa motivasi para pemain juga cukup besar untuk bisa membalas kekalahan di fase grup. Terlebih, Timnas Indonesia bisa unggul lebih dulu 1-0 sebelum akhirnya dikalahkan 2-1.

"Mudah-mudahan kelemahan-kelemahan kita [Indonesia] yang terjadi ketika masih di fase grup bisa segera dievaluasi dan teratasi oleh coach Indra Sjafri dan teman-teman. Memang Vietnam bukan lawan yang mudah, tapi apapun kalau para pemain dalam performa terbaik, semoga bisa diatasi."

"Kemarin kami bisa lihat bagaimana Vietnam pada saat semifinal juga tidak mudah mengalahkan Kamboja yang sebenarnya di bawah peringkatnya," jelas Zainudin.

[Gambas:Video CNN]
Rencananya, Menpora Zainudin bakal bertemu dengan para penggawa Timnas Indonesia U-23 sesaat sebelum laga final digelar, besok. Ia juga menyebut bakal menyaksikan langsung partai final sepak bola SEA Games antara Timnas Garuda Muda melawan Vietnam.

"Saya akan sampaikan bahwa anda ini bukan hanya membawa diri Anda, keluarga atau pengurus PSSI dan pelatih. Tetapi membawa harapan dari 267 juta rakyat Indonesia yang berharap supaya bisa mengakhiri dahaga juara."

Menpora Prediksi Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam 1-0
"Semoga harapan kami dan harapan seluruh masyarakat Indonesia yang rindu terhadap medali emas sepak bola setelah 28 tahun, 1991 kita terakhir dapat emas. Semoga ini bisa menjadi momentum yang baik buat timnas kita dan jadi motivasi untuk pemain-pemain yang akan berlaga selanjutnya," ujar Zainudin. (bac)