Blunder Kiper Bisa Jadi Drama Indonesia vs Vietnam

CNN Indonesia | Selasa, 10/12/2019 09:39 WIB
Blunder Kiper Bisa Jadi Drama Indonesia vs Vietnam Blunder kiper berpotensi menambah drama Indonesia vs Vietnam di final SEA Games 2019. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Blunder kiper dua kubu bisa menjadi drama pada laga final antara Indonesia vs Vietnam pada final SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Selasa (10/12) malam.

Salah satu kelemahan kedua tim adalah kesalahan fatal yang kerap dilakukan kiper masing-masing kubu. Bukan tidak mungkin faktor kesalahan itu menjadi kunci kemenangan Indonesia atau Vietnam merebut medali emas SEA Games 2019.


Nguyen van Toan dan Bui Tien Dung, pernah melakukan kesalahan dalam menjaga gawang mereka.


Bui Tien pernah melakukan blunder saat membela Vietnam membela Garuda Muda di Grup B. Bola lepas dari penguasaan Bui Tien Dung dan akhirnya bola disundul oleh Sani Rizki yang sukses memanfaatkan kelengahan tersebut.

Nadeo Argawinata kiper utama Timnas Indonesia di SEA Games 2019. (Nadeo Argawinata kiper utama Timnas Indonesia di SEA Games 2019. (Foto: CNN Indonesia/ Titi Fajriyah)
Meski demikian, The Golden Star berhasil membalikkan ketinggalan 0-1 dengan kemenangan 2-1 atas skuat arahan Indra Sjafri.

Berikutnya, Vietnam nyaris tersingkir dari SEA Games karena blunder yang dilakukan Van Toan.

Van Toan yang menguasai bola malah menendang bola ke arah pemain Thailand Supachai Jaided. Bola pantulan tersebut masuk ke dalam gawang.

[Gambas:Video CNN]
Pelatih Vietnam, Park Hang SEO sendiri enggan membahas blunder para kipernya di SEA Games 2019.

"Tidak benar bicara tentang kiper atau sejumlah kesalahan lainnya yang dilakukan para pemain kami. Yang jelas, mental dan psikis para pemain sudah kembali pulih," kata Hang Seo dikutip dari 24H.

Blunder Kiper Bisa Jadi Drama Indonesia vs Vietnam
Sementara itu, kiper Garuda Muda Nadeo Argawinata juga pernah melakukan kesalahan fatal ketika melawan Myanmar.

Bola tangkapannya lepas sehingga pemain Myanmar, Win Naing Tun, mencuri bola pantulan dan melepaskan tembakan ke gawang Nadeo. Indonesia pun kebobolan dan saat itu The White Lions menyamakan skor 2-2.

Namun Indonesia bisa mencetak dua gol lagi di babak tambahan waktu dan menutup laga dengan kemenangan 4-2 sekaligus memastikan langkah ke final SEA Games 2019.

Usai pertandingan, Indra Sjafri ogah menyalahkan kesalahan para pemainnya termasuk Nadeo. (bac/ptr)